Tentangku

Orangtuaku memberi nama Retmono Adi, …..dipilih lalu dibaptis ….. Marcellinus, ….demi akrabnya… keluarga dan sahabat memanggilku Didik.

Masa kanak-kanakku penuh ceria di desa, di lereng Gunung Ungaran, Semarang.

Saat memasuki usia SMP, aku punya keinginan untuk dapat terbang, naik pesawat, ke Eropa dan bermain salju

Beranjak remaja kubergelut dalam galau Kota lumpia…..Semarang, …. lalu jatuh cinta dengan Kota Jogyakarta ….yang ……jadikanku Sarjana Psikologi.

Bersama berjalannya waktu,…. saatnya mencari sejatiku….. Aku mencoba mengajar di Surabaya. ….Tak kusangka mengajar bukan sekedar berkata-kata. ……Aku tahu diri belum cukup ilmu untuk itu…..maka kuputuskan pergi belajar dulu tentang dunia kerja di Samarinda.

……. di Kalimantan Timur masak hanya di Kota,…. maka Aku merangsak masuk lebih ke dalam,….. ke Melak Kutai Barat,…. bersentuhan dengan hukum Adat…….kemudian mengikuti angin bertiup aku terbang ke Berau masih juga di Kalimantan Timur, ….meski sudah dekat ke bagian Utara Pulau….di sini aku belajar mengatasi Galau…..

2010 Selanjutnya mengikuti hati, untuk mewujudkan keinginan ….. Aku meski pergi ke Barat,….. maka Aku melanjutkan pelajaranku ke Jakarta……  Ibukota Indonesia …….

IMG_20130128_104148

Hamparan salju di Naminara Korea Selatan

2012 keinginanku untuk ke Eropa, sudah terpenuhi,… dengan langsung ke jantungnya Vatican, Roma,…Italia ….dan hasratku untuk bermain Salju ….. terwujudkan 2013….di Korea. ….di lokasi Shooting Winter Sonata..

Aku  belajar mengenai….. ~> Kewirausahaan Sosial, …Psikodrama,… Action Exploration, …Akting, …Sutradara , …..Pelatihan,….. Terapi Drama,….. Terapi Kelompok…..Rekrutmen & Assesment, …..membuat Laporan Psikologi,….. Konseling,….Pengembangan Diri ….Hubungan Industrial, ….Konsultan HRD,….. Audit ISO 9001: 2008…. Trading…. dan Bisnis…..

Perlu juga kusampaikan cintaku akan Gunung, Pantai, Sungai dan Sawah….. juga Musik, Puisi, Teater, dan Lagu…… tak lupa Film, bahkan yang kartun animasi…..serta buku….komik ..apalagi!

Masih banyak ruang yang perlu diisi di kepalaku – Filsafat, Psikologi, Budaya, Kesenian, Politik, Ekonomi, Bisnis, Managemen HR, Lingkungan, Sumber Daya Energi, Etika, Religiusitas, Spiritualitas………apa pun itu….dapat disederhanakan ……menjadi Humaniora, dan Alam sekitarnya.

Aku memilih hidup untuk berbagi,….. kubelajar dari berbagai negri demi Ibu Pertiwi…….dengan menjadi Praktisi Psikodrama di Indonesia

Sekarang Aku di Yogyakarta, tetap belajar Psikodrama dari Para Pelaku Teater dan menawarkan kepada siapa saja untuk Praktek Psikodrama bersama.

 

Berkah Dalem

 
 
email        : retmono.adi@gmail.com
twitter      : @r3tmono
Facebook : Retmono Adi
 

11 responses

  1. Assalamu’alaikum

    Salam kenal
    mampir ke https://asmaditsaqib.wordpress.com/
    Terima kasih

    Like

  2. salam sejahtera dan sehat selalu,
    maaf pak Retmono, mau minta tahu rujukan buku yang mencakup teori tentang psikodrama, khususnya yang berbahasa Indonesia.
    matur nuwun sanget pak🙂

    Like

    1. Salam Sejahtera juga,
      sejauh ini saya belum menemukan buku tentang Psikodrama yang berbahasa Indonesia. Saya belajar dari Pelatihan, serta membaca jurnal bahasa Inggris, selain saya praktek langsung dengan bermain Drama/Teater. Ada buku bahasa Indonesia “Persiapan Menjadi Aktor” Stanislavski, sudah diterjemahkan. Ini buku lama yang dapat menjadi salah satu acuan untuk Psikodrama. Sementara buku Moreno (bapak Psikodrama) belum ada yang diterjemahkan. Meskipun demikian Bapak dapat membaca di Wikipedia, cukup utk menjadi pengantar untuk Psikodrama.

      Demikian Pak, semoga cukup dapat membantu.

      Berkah Dalem

      Like

  3. saya baru pernah ketemu bapak satu kali, baru pernah mengikuti pengejaran bapak satu kali, tapi gatau kenapa saya langsung dapet feelnya dan saya berharap someday bapak bisa mengajar saya lagi, bisa sharing. semoga bapak berkenan ya🙂

    Like

    1. terima kasih, dengan senang hati jika kita dapat belajar bersama lagi😀

      Like

  4. saya pengen tahu lebih jauh ttg mengajarmu di jogya itu

    Like

    1. yang mana ya? dengan senang hati bila dapat berbagi…..

      Like

  5. mantab….. salam kenal…

    Like

    1. salam, dengan senang hati, mari berbagi…

      Like

  6. chatarina tyas kusumastuty | Reply

    Mimpi …….. mesti dibarengi dengan usaha, keyakinan dan doa, Tanpa itu, semuanya tak akan pernah terwujud, Satu persatu mimpi itu sudah didapat sekarang ini. Masih adakah mimpi2 yang lainnya ? Semoga saja apa yang sudah didapat, tidak hanya untuk ambisi / kepentingan pribadi, melainkan dapat berguna untuk orang lain. Tetap semangat, sukses selalu …
    Berkah Dalem

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: