Kesan mengikuti Psikodrama di Yogyakarta


18 Maret 2017 adalah saat pertama saya mengenal Psikodrama. Sebagai seorang mahasiswa Psikologi saya merasa perlu untuk tahu banyak tentang terapi psikologi yang suatu saat akan berguna untuk klien klien saya nantinya.
Tidak sedikitpun terbersit dalam pikiran saya bahwa Psikodrama inilah yg menjadi “obat” bagi rasa marah dan ketidakmampuan saya menerima kepergian papa yg sangat dekat dengan saya. Seriously????

Yup…saat sesi memaafkan. Pak Adi selaku “guru” dan “pembimbing” dalam workshop ini meminta kami peserta untuk membayangkan seseorang yang sangat kami benci, mengungkapkan kebencian yang kami rasakan serta memaafkan.

What? Awalnya tidak ada siapa pun yang melintas dalam pikiran saya. Karena saya tidak suka membenci apalagi punya pikiran negatif terhadap orang lain tapiiiiiii…saat tiba giliran saya…mak jleb…wajah papa saya muncul di wajah teman saya. Rasa kaget luar biasa menghantam saya. Kebencian, kemarahan yang ternyata tidak saya sadari masih ada di dalam hati saya keluar tumpah ruah dalam kalimat kalimat yang saya ucapkan seakan saya sedang bicara dengan ayah saya. Sumprit…saya bukan orang yang mudah menangis, tapi saat itu air mata saya mengalir deras apalagi saat saya mengucapkan papa..aku memaafkanmu..aku memaafkanmu

Kaget dengan rasa lega yang saya rasakan dalam hati saya. Ungkapan kemarahan, kesedihan yang mendalam, rasa kehilangan seperti dibasuh dengan air dingin yang sungguh menyejukkan. (Padahal sesungguhnya saya malu lo nangis di hadapan teman-teman…cengeng uey hahaha)

Tapi dengan sesi memaafkan itu saya merasa disentuh, tersembuhkan dari perasaan marah akan kepergian papa saya…

Udah segitu dulu.

Dari saya
Smileyqueen

Leave a Reply

