PSIKODRAMA UNTUK REHABILITASI KORBAN NARKOBA


Seorang terlibat dengan penyalahgunaan Narkoba, lebih tepat di sebut sebagai Korban, daripada Sebagai Pelaku. Dengan demikian maka tidaklah tepat bila mereka di hukum penjara. Apalagi sekarang Penjara sudah over kapasitas, dan banyak penghuninya adalah Korban Narkoba.

Seseorang bisa sampai terjerat Narkoba, biasanya di awali dengan coba-coba, atau juga lebih sering karena diajak temen (peer pressure), situasi yang wajar di kalangan Remaja. Maka yang perlu dilakukan adalah memberikan penguatan pada Remaja, agar mampu mensikapi dengan bijak kondisi dan situasi tersebut. Bila Remaja sudah kuat bekal mentalnya mereka tidak akan terjerat dan kecanduan, meskipun ia sempat mencoba demi rasa ingin tahu dan rasa kebersamaannya. Mereka akan mampu menolak, dan membuat batasan untuk dirinya dalam berteman, mereka tetap berteman namun tidak mengikuti apa saja yang dilakukan temannya, terutama perilaku yang berisiko (Narkoba).
Remaja yang sampai kecanduan, dapatlah dipastikan mereka sedang memiliki permasalahan Psikologis, dan Penyalahgunaan narkoba merupakan wujud dari Pelariannya. Maka solusi yang tepat bukanlah dimasukkan ke dalam penjara, melainkan direhabilitasi agar mereka terlepas dari kecanduannya. Tentu saja tindakan Kriminal yang dilakukan (Kekerasan, pencurian, dll untuk mendapatkan Narkoba) tetap diproses sesuai hukum yang berlaku.

Rehabilitasi selain secara medik, dikurangi zat-zat adiktifnya sehingga kecanduannya teratasi, juga perlu diungkap dan diterapi permasalahan Psikologis penyebabnya. Ditambah juga dilatih kembali kemampuannya dalam berinteraksi sosial yang baik.

Psikodrama sebagai salah satu metode terapi kelompok, mampu menawarkan solusinya. Dengan metode Psikodrama Peserta diajak untuk merefleksikan pengalaman pribadinya. (https://retmono.wordpress.com/2017/05/24/psikodrama-sebuah-perjalanan-memasuki-benteng-pertahanan-diri/ ) , diajak melihat kembali dengan sudut pandang yang baru, sehingga masa lalu menjadi Guru yang terbaik. Pengalaman masa lalu yang menjadi beban Psikologis, diungkap lagi dan dimaknakan baru bersama kelompok dibimbing terapis Psikologi.

Setelah mereka mampu mengungkapkan pengalaman masa lalu yang menyebabkan permasalahan Psikologisnya, dan dimaknakan ulang untuk bekal menjalani kehidupan selanjutnya (move On), Mereka diajak unutk membangun visi, membuat tujuan hidup selanjutnya. Berbekal pengalamannya dan bimbingan yang tepat, mereka yang pernah terjebak dalam penyalahgunaan Nakoba, dibimbing untuk memiliki Tujuan hidup. Selain itu juga dibangun mental yang kuat tetap fokus pada tujuan tersebut, sehingga perilaku yang tidak mendukung dalam pencapaian tujuan (pemakaian Narkoba) akan ditinggalkan. Kepercayaan Diri dibangun untuk berani menghadapi permasalahan kehidupan, dan tidak lari ke Penggunaan Zat adiktif.

Secara umum Psikodrama membangun Karakter Diri yang kuat, sebagai Benteng Pertahanan diri dari godaan dan tekanan lingkungan yang buruk. Dan juga memberikan tools – cara– menghadapi permasalahan kehidupan yang selalu ada, dan menjadikan permasalahan hidup adalah suatu latihan untuk memasuki tahap kehidupan yang makin matang dan dewasa.

Feel Free aja, bila ada hal yang ingin didiskusikan lebih lanjut. Terima kasih.

Yogyakarta, 31 Mei 2017
Retmono Adi

Kontak
Jefrry Simanulang
Institut Psikodrama
Pujokusuman MG I / 382 Gg Sidoasih
Yogyakarta, 55012
Telp 0274 – 413461
WA : 08122542077

Advertisements

2 responses

  1. Tulisan dan topik yang bagus. Sepertinya mungkin bisa dishare di grup WA untuk menjadi bacaan teman-teman dan menambah pengetahuan. Gimana?

    Liked by 1 person

    1. silahkan, dengan senang hati. terima kasih

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: