Bertengkar di Depan Anak #Goresanku 141


Pagi itu, baru saja aku sampai di kantor dan meletakkan tas di meja kerjaku. Datang seorang anak, dia langsung saja mendekapku. Aku kira dia ingin bergurau denganku saja. Ternyata perkiraanku tidak benar. Dia menangis sesenggukan ……. semula terdengar lirih, lama kelamaan semakin keras tangisannya. Sesaat ku biarkan dia menangis dalam dekapanku. Ku elus punggungnya, dengan tujuan agar dia bisa tenang. Setelah agak reda aku berusaha untuk menatap wajahnya. Saat itu aku melihat wajahnya yg kusut. Di situ terlihat kesedihan yg mendalam. Perlahan ku tanya mengapa dia menangis. Dengan suara terbata-bata dia menjawab, bahwa tadi pagi sebelum berangkat sekolah dia melihat papa dan mamanya bertengkar.
Setelah itu papa ngomong sama saya, kalau papa sayang sama saya. Kemudian papa langsung pergi ke kantor. Dan mama ngomong juga sama saya kalau mama benci sama papa …. aku takut, begitu katanya.
Aku sempat tertegun ….. kupeluk dia lebih erat lagi, aku bisa merasakan kesedihannya. Aku berusaha menenangkannya dengan bicara ” sudah ya tidak ada apa2 kok …. nanti semuanya akan baik2 saja “.
Setelah kulihat keadaannya lebih baik, aku menyuruhnya untuk tersenyum dan mengantar ke depan untuk bermain dengan teman2nya.

Bertengkar di depan anak bisa mempengaruhi mental saat dia tumbuh. Hal tersebut bisa dijadikan panutan oleh anak dalam waktu dekat atau kelak saat dewasa. Saat terjadi pertengkaran sebenarnya mau tak mau anak bisa jadi berpikir mana yg harus didukungnya. Semua itu sungguh hal yg tidak sehat bagi anak.
Masa kanak2 yg indah seharusnya menjadi hak anak. Jangan sampai itu rusak hanya karena pertengkaran orangtua.
Berikan masa kanak2 paling bahagia yg patut dikenang sepanjang masa, bukan sebuah trauma menyakitkan yg harus diingatnya ……..

Kusuma, Maret 2017

Leave a Reply

