Perubahan yang Semakin Terlihat


Mahasiswi berusia 21 tahun adalah seorang mahasiswi semester 7 di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Teman-temannya sering memanggilnya dengan Cici (nama samaran). Cici adalah anak kedua dari dua bersaudara, ia memiliki kakak yang sudah menikah dan memiliki anak laki-laki berusia 10 bulan. Selisih umur Cici dengan kakaknya berjarak 6 tahun. jika dirumah ia sering dipanggil “Pao” asal mula panggilan itu karena waktu SMP pipinya sangat besar dan menyerupai makanan bakpao, selain itu ia juga suka sekali makan bakpao yang berisi babi.
Sejak SMP ia sering mengikuti basket dan melakukan pertandingan, selain itu Cici juga dikenal oleh para guru hingga mendapat penghargaan sebagai murid yang rajin “pantang menyerah karena mulai kelas 1 SMP hingga kelas 3 SMP Cici selalu peringkat kelas dan selalu meningkat hingga 3 besar.” Hal itu yang membuat ia bangga dan termotivasi. Namun sejak SMA ia kurang berani untuk tampil didepan kelas, Cici adalah seorang yang diam di kelas, ia akan menjadi seorang yang ceria ketika bersama teman-temannya, selain itu Cici juga jarang untuk berani mengungkapkan pendapat ia selalu meminta temannya untuk mengungkapkan. Ia merasa bahwa dia takut salah dan takut jika pendapatnya disangkal. Saat itu ada seorang guru fisika yang memberikan nasehat kepadanya “sebenarnya kamu bisa, entah kenapa saat km disuruh maju untuk membantu teman mengerjakan soal fisika kamu selalu tidak mau dan gugup”.
Hingga Cici kuliah, masa perkuliaan, ia dihadapkan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Cici juga dihadapkan dengan sistem dosen yang memberikan ujian secara lisan. Sempat beberapa kali, Cici di minta salah satu dosen untuk maju dan menjelaskan, saat itu dia langsung berkeringat dingin dan “ngeblang”. Cici selalu berusaha mengatakan kepada dirinya “aku yakin bisa, tenang-tenang” lalu Cicimenarik nafas dalam-dalam dan membuangnya. Hingga saat itu, ia berhasil menjelaskan teori dengan baik, hingga dosen tersebut mengatakan “ kamu bisa, kenapa kamu harus takut dan gugup”. Semanjak itulah ia sering sekali diminta oleh dosen tersebut untuk menjelaskan di depan kelas. Hal tersebut membantunya untuk tampil dengan baik. Selain itu, ia sering diminta bantuan untuk pergi ke tempat umum oleh orangtua atau sudaranya, namun Cici selalu menolak karena alasan dia tidak berani, Cici merasa bahwa ia tidak percaya diri dengan pibadinya, ia merasa takut.
Semester 6, ketika Cici diharuskan untuk maju ujian proposal skripsi, saat itu Cici sangat gugup dan binggung mau bicara apa. Hingga ia merasa bahwa kadang ia terbelit-belit dengan kalimatnya sendiri, ia merasa sangat gugup hingga badannya seperti demam. Selain itu ia juga sering mengikuti kegiatan ormawa dan kegiatan di gereja, harapannya adalah ia dapat menjadi lebih baik saat bertemu dengan orang baru, dan dapat tampil lebih berani dan percaya diri. Memang ia cukup kurang percaya diri.
Semester 7, inilah saatnya Cici menjadi pribadi lebih baik, ia mengikuti kegiatan psikodrama, harapannya ia dapat menjadi lebih baik setelah mengikuti psikodrama. Cici mendapatkan banyak sekali pembelajaran tanpa disadari. Ia merasa bahwa dia mulai berani mengeluarkan pendapat di depan umum, padahal Cici bukan seorang yang cukup berani dalam mengungkapkan pendapat, banyak sekali perubahan-perubahan yang dialaminya tanpa disadari. Setelah kegiatan itu Cici menjadi lebih percaya diri untuk berpendapat dan percaya diri untuk maju di depan kelas. Yaaa sekarang Ia merasa bahwa ia cukup berbeda dengan Cici sebelumnya, ia merasa bahwa Cici sudah berani tampil didepan umum dengan baik, tanpa ada keraguan kembali, namun sampai sekarang perasaannya tetap gugup tapi bisa dikendalikan. Harapannya Cici adalah ia dapat menjadi lebih percaya diri dengan dirinya dan mampu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Cici

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: