Senang dan Lega setelah Kelas Psikodrama


Pada hari Selasa, tanggal 25 Oktober 2016 saya mengikuti kelas psikodrama mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Sebelum saya berangkat saya berpikir bahwa kelas psikodrama akan membosankan dan menuntut untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak biasa saya lakukan. Oleh karena itu, awalnya saya merasa khawatir dan kurang semangat mengikuti kelas ini. Namun, ternyata setelah saya datang pada pagi itu, saya mengikuti kelas dan ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Kelas psikodrama yang dibawakan oleh Pak Adi terasa menyenangkan dan saya cukup senang mengikutinya. Di awal sesi, saya melakukan sosiometri dan hal – hal lainnya yang melatih saya untuk lebih berani mengekspresikan diri, yang mana tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Saya merasa menjadi diri yang berbeda ketika mengikuti kelas ini, dimana saya merasa lebih berani, percaya diri dan bisa lebih dekat dengan teman-teman.

Ada salah satu sesi dimana, saya diminta menunjuk salah satu teman sebagai representasi dari orang yang ingin saya maafkan. Sesi ini paling berkesan buat saya karena melalui sesi ini saya bisa melepaskan segala perasaan yang ingin saya ungkapkan terkait orang tersebut. Awalnya saya merasa ragu untuk bercerita di depan orang banyak dan keberatan jika harus mengingat orang itu lagi. Namun, karena terpaksa akhirnya saya mengungkapkannya dan setelah itu saya bisa merasa sangat lega. Memang pada proses mengingat kesalahan orang itu, saya merasakan kesedihan yang mendalam dan muncul rasa kecewa, namun setelah itu semua terlewati saya merasa lebih damai dan bisa memaafkan orang tersebut.
Kemudian di sesi selanjutnya saya juga sempat melakukan praktik psikodrama secara langsung, dimana Pak Adi menuntun kelas untuk melakukan drama dengan baik dan terasa menyenangkan. Melalui sesi – sesi ini saya menjadi sadar bahwa psikodrama dapat sangat berguna untuk tujuan terapi. Misalkan ada hal-hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, maka dengan bermain drama seseorang dapat menyadari bagaimana masalah yang dihadapi dan mengingat kembali hal-hal apa yang salah dalam dirinya ataupun lingkungannya. Saya merasa senang dan lega setelah mengikuti kelas ini, karena saya bisa sharing masalah yang saya hadapi dan belajar untuk lebih berani, percaya diri dan menjalin kedekatan dengan teman-teman lainnya.

 

Surabaya, Oktober 2016

 

HT

Leave a Reply

