Pembelajaran Selama Mengikuti Kelas Psikodrama


Saya akan menceritakan kisah ketika saya mengikuti kelas psikodrama seminggu yang lalu. Awalnya saya berfikir kalau kelas psikodrama adalah kelas akting, dimana kami semua akan diberikan sebuah naskah dan mempraktekkan isi dari naskah tersebut. Namun ternyata apa yang saya pikirkan itu berbeda dengan yang terjadi saat kelas psikodrama, disana kami diminta untuk membuat sebuah gaya pohon yang berbeda dan tidak boleh sama satu sama lain. Awalnya saya merasa canggung dan malu untuk berpose seperti pohon, namun ketika saya melihat teman-teman melakukannya saya pun mencoba menyingkirkan perasaan malu dan mencoba masuk dalam psikodrama tersebut. Saya tidak menyangka kalau ternyata psikodrama itu kita tidak hanya akting sebagai manusia, tetapi juga sebagai pohon, kendaraan atau benda apapun. Saya menyukai bagian dimana kita diajak untuk kembali ke masa-masa kecil, dimana ada pengalaman bahagia dan lucu saat masa-masa kecil tersebut.

Saya mendapat banyak pembelajaran selama mengikuti kelas psikodrama tersebut. Saya menjadi lebih percaya diri untuk berekspresi maupun mengutarakan pendapat selama kelas psikodrama tersebut. Saya juga merasa lebih rileks ketika saya bisa memaafkan orang yang sudah membuat saya sakit hati dan sedih melalui teman saya yang berpura-pura menjadi sosok tersebut. Selain itu, saya juga merasa semakin dekat dan mengenal teman-teman di kelas psikorehab ini, kami menjadi lebih akrab dan tidak ada rasa canggung diantara kami.

Awalnya saya hanya menargetkan 70% untuk partisipasi saya di kelas psikodrama, tapi saat saya melewati setengah hari ini di kelas psikodrama dan tahu apa psikodrama itu, saya dapat menaikkan patisipasi saya menjadi 100% di kelas ini. Menurut saya kelas ini sangat asik, menarik, dan tidak membosankan, tadinya saya berpikir kalau kelas ini akan sangat membosankan karena harus berakting menangis, tertawa dan sebagainya, tapi ternyata ini jauh lebih menarik dari yang dibayangkan. Saya berharap kelas psikodrama ini bisa dilaksanakan lagi karena jujur kelas ini sangat memberi banyak manfaat bagi saya dan juga bagi kami semua di kelas psikorehab ini.

 

Surabaya, 5 November 2016

 

Edelweis

Leave a Reply

