Kebebasan ? #12 Life Career Employee Faith


Rabu, 6 April 2016

Apa arti kebebasan bagimu, bagiku bagi semua orang? Pertanyaan ini tercetus saat aku merasa tertekan menjalani hari-hari di kantor. Aku tak mengerti kenapa terjadi. Berdiri di bawah gedung kantor, jantungku berdegup amat sangat kencang. Adrenalin naik. Rasanya darahku mengumpul semua di kepala, kaki gemetar, kepala sakit, tidak bergairah. Duduk memasuki meja kerja, melihat email, memeriksa segala pekerjaan yang harus kukerjakan hari ini, perlahan-lahan asam lambung meningkat dan mual. Aku terpaku dan diam. Aku tahu aku harus follow up kerjaan ini, memulai pekerjaan baru, meminta approval, belajar ini dan itu untuk mengejar ketinggalan dan tidak bodoh-bodoh amat kalau meeting.
Apakah aku tidak bahagia? Apakah itu kata yang tepat untuk mempertanyakan keadaanku, menggambarkan betapa tidak bergairahnya aku di kantor untuk bekerja? Setiap hari ada saja sakitnya. Sakit kepala, sakit hati (liver) – ada emosi dalam diri yang tak pernah keluar, sakit perut, sakit kaki – lemasnya.
Apakah seseorang harus bahagia saat bekerja di kantor? Simple aja. Bahagia berarti aku menikmati setiap tetes pekerjaan yang aku lakukan. Tidak menikmatinya? Berarti aku tidak menyukainya donk? Kalau aku tidak menyukainya kenapa aku harus bekerja disana, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang tidak membangun hidupku. Kenapa aku tidak menyukainya saja? Ketika aku mencoba menyukainya, aku terbebas dari kebencian, terbebas dari rasa mudah bosan, terbebas dari tekanan, karena aku menikmati semua prosesnya. Ketika aku menyukainya, aku berarti bersyukur dengan apa yang kudapatkan. Pikirkan orang-orang yang membutuhkan pekerjaan sepertiku sekarang.
Dalam 1 minggu, 2 -3 hari pikiran baik itu muncul. Biasanya di hari Rabu – Jumat. Senin – selasa mulai lagi dengan pikiran tidak suka. Apa ini juga dialami oleh banyak orang yang harus melakukan sesuatu tapi tidak mereka sukai? Apa yang harus kita lakukan ketika kita tidak menyukai sesuatu dan sesuatu itu sudah sangat mengikat kita, sampai kita tidak bisa lagi pindah ke tempat yang membuat kita berpikir di luar sana mungkin lebih baik. Lebih membuat hidupku bahagia. Membuatku terbebas dari tekanan waktu, tekanan orang-orang, tekanan bos, dan hal lainnya. Terlebih lagi tak ada orang yang mengaturku.
Aku berpikir jalan pintas. Bagaimana kalau aku resign saja? Mungkin itu jalan keluar terbaik. Aku tak lagi harus bangun pagi Senin – Jumat. Kerja sampai sakit kepala, sakit perut, kaki lemas. Aku akan punya waktu lebih banyak. Aku bisa mengerjakan hobiku pelan-pelan. Jalan-jalan keliling dunia, menulis, berkuda, membuat karya, bersosialisasi, mengajar anak-anak daerah, sekolah lagi di Beijing – belajar bahasa. Pokoknya berpetualang kemanapun hati ingin. Bebas! Bebas dari waktu yang menekan hari demi hari.
Apakah itu kebahagiaan yang aku inginkan? Terlepas dari kantor? BEBAS!
Nope. Aku pikir itu juga bukan kemerdekaan, atau kebebasan yang aku inginkan. Aku tak akan terbebas dari waktu hanya karena keluar dari kantor. Waktu tetap sama.
Kalau aku bisa bersyukur; menyukai dengan segenap hati; berpikir positif; dan melakukan yang terbaik, jadi itu adalah kebebasan?
Dimanapun aku berada, kalau aku berpikir seperti itu, aku tak akan pernah bebas, sekalipun aku berada di ujung dunia yang indah, tanpa terikat waktu, tanpa orang-orang, tanpa siapapun yang mengaturku. Aku akan berada dalam lingkaran yang sama. Lalu kapan aku akan bilang ini semua cukup dan pergi dari sini?
Jawabannya bukan karena aku menyerah, tapi aku perlu beralih ke dunia yang lain, yaitu: Saat goal dan mimpi ku sudah tidak bisa lagi tercapai kalau aku disana. So, semua tergantung mimpiku.

 

SJU

Leave a Reply

