SOSIOMETRI DALAM PRAKTEK PSIKODRAMA


Jumat, 22 Januari 2015. Seorang temen minta tolong untuk memberikan pelatihan bagi SPG nya dengan metode Psikodrama. Temenku ini punya usaha berjualan asosoris smartphone, dengan mengelar boots di mall –mall. SPGnya a nad semua masih berstatus mahasiswa, dan menjadi SPG adalah sarana untuk belajar mencari penghasilan dan mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang produktif.

Tujuan dari pelatihan nantinya adalah membangun keakraban antar SPG dan temenku, selaku pemilik usaha, agar terjadi sinergi. Pekerjaan jadi terasa menyenangkan dan memberikan hasil optimal.

Ada permintaan khusus dari temenku, dalam prosesnya nanti diminta untuk bisa mendapatkan kandidat yang akan menjadi supervisor dari SPG nya. Ada didalam metode Psikodrama yang dapat memproses hal ini, yaitu Sosiometri.

Pelatihan dilakukan di sebuah Karaoke, di jalan Boulevard Kelapa Gading Jakarta. Acara direncanakan mulai jam 11.00 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB. Disela acara ada makan siang, dan setelah acara diberi waktu jika masih ingin bersantai dan bernyanyi.

Peserta total ada 12 terdiri dari 10 orang SPG, ditambah temenku dan adiknya sebagai pemilik usaha.

Layaknya pelatihan diawali dengan perkenalan, tentunya dengan cara Psikodrama. Berkenalan sambil menirukan gerakan binatang yang sedang beremosi, lalu menyebutkannya. Nama si A, menirukan gerakan binatang, lalu menyebutkan binatang itu, Gajah Bingung,…..demikian semua peserta melakukannya.

Dalam pelatihan kami mendiskusikan Kesadaran Peran, dengan cara Psikodrama. Kami juga diskusikan bagaimana berkomunkasi yang baik, serta ditambahkan bahasa tubuh yang sangat berguna bagi SPG nanti dalam melakukan pekerjaannya.

Suasana tercipta akrab, peserta sudah berani mengungkapkan diri, dan makin tambah kenal. Saatnya untuk melakukan Sosiometri.

Sosiometri ini dilakukan dengan tindakan yaitu meletakkan tangan di bahu teman yang dipilih, aku menginstruksikan untuk memilih teman yang ingin lebih dikenal. Mereka lalu memilih salah satu dari yang hadir, kemudian masing masing menjelaskan dasar pemilihannya. Dilanjutkan dengan sharing perasaan yang timbul saat proses terjadi.

Tibalah saat puncak untuk mencari siapa yang dapat dijadikan kandidat sebagai Supervisor. Proses saling mengenal dan saling akrab telah terjadi maka proses pemilihan dapat dilakukan. Pemilihannya juga menggunakan metode Sosiometri. Kali ini dilakukan dengan cara menulis.

Aku memberikan instruksi agar menuliskan siapa temen yang hadir yang paling memberi inspirasi, dengan memberikan ranking 1 sampai dengan 10, termasuk diri sendiri juga ditulis. Selanjutnya setelah mereka selesai aku beri instruksi lagi dengan proses yang sama. Siapakah dari temen-temen yang hadir ini yang paling siap untuk menjadi pemimpin mereka. Mereka menulis di kertas kemudian dikumpulkan. Hasilnya akan direkap dan dapat ditentukan siapa yang nanti dapat dijadikan kandidat.

Acara kami tutup dengan semua berdiri membentuk satu lingkaran, dan menyampaikan kesan dan pesannya secara langsung. Mereka mengungkapkan satu persatu yang intinya senang dan berterima kasih atas acara kali ini. Mereka berpikir acaranya berupa ceramah. Mereka tidak menduga proses acaranya ternyata seru, aktif, serta menjadikan mereka lebih akrab. Kegembiraan mendapatkan pengalaman baru yang menjadikan suasana akrab, kami satukan dengan doa, dipimpin oleh salah satu peserta.

Ada temen yang sudah ditunggu sehingga langsung pulang  dan ada yang masih tinggal untuk bersantai, menyanyi.

+++++++++

Beberapa hari kemudian aku minta feedback ke temenku pemilik usaha itu. Apakah sudah mendapatkan kandidatnya. Apakah data yang didapat dengan Sosiometri membantu dalam menentukan kandidat supervisor.

Dia jawab …ya,…Ia sudah memilih kandidat, berdasarkan data dari Sosiometri tersebut.

Syukurlah…

Sosiometri bermanfaat.

 

Terima kasih.

Retmono Adhi
Praktisi Psikodrama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: