Mimpi Itu Ajaib


Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti seminar Analisa Mimpi yang diselenggarakan PT Maximo dengan fasilitator Pak Retmono Adhi (alias Didik). Seminarnya seru, mudah dimengerti, dan bermanfaat. Awalnya sebenarnya cukup bingung, karena diselenggarakan di salah satu tempat karaoke di bilangan Tebet. Namun ternyata setelah hadir di sana, seminarnya menarik dengan latar belakang lagu “I Have A Dream”)….pantas saja dipilih tempat karaoke 
Awal seminar, kami diminta untuk mencari 1 tema yang paling sering muncul dalam mimpi, lalu tema tersebut pun dikelompokkan. Selanjutnya masuk pembahasan mimpi dalam tim. Kami berusaha untuk menerjemahkan mimpi masing-masing dibantu oleh teman-teman sekelompok yang mendengarkan mimpi tersebut. Yang unik, pembahasan mimpi ini bersifat individual, artinya meskipun temanya sama, bisa saja mimpi yang terlihat mirip penafsirannya untuk 2 orang, ternyata dapat diterjemahkan sebagai sesuatu yang berbeda, benar-benar tergantung pada individunya sendiri.
Pulang dari seminar ini, saya belajar hal baru, bahwa ternyata mimpi bukan hanya sekedar bunga tidur. Mimpi dapat menjadi petunjuk untuk memperbaiki diri, mengembangkan kemampuan, bahkan menyelesaikan masalah yang tidak terpecahkan di alam sadar. Yang perlu dilakukan hanya menyadari mimpi kita, dicatat, lalu dianalisa dengan jujur…niscaya akan dapat bermanfaat.

FT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: