Seni Mengarang 5


Bagus Nih,…..:D

dua blok

Pemateri Workshop Cerpen Kompas kali ini adalah Linda Christanty dan Seno Gumira Ajidarma. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dirangkum oleh saya berdasarkan materi yang dibawakan oleh Linda Christanty (materi yang dibawakan oleh Seno Gumira Ajidarma akan ditulis terpisah).

Linda mengawali cerpen Kompasnya 26 tahun yang lalu, sebelumnya ia terobsesi untuk menulis cerpen pada majalah Anita Cemerlang dan ditolak.

Ia menanyakan kepada para peserta mengenai inspirasi dalam menulis cerita dan banyak jawaban untuk itu. Ada yang berangkat dari obrolan teman, kegelisahan pribadi, budaya tempat tinggalnya, maupun makanan yang disukainya.

Teknik Menulis

Menurutnya, penulis fiksi harus mampu meyakini pembaca atas kebohongan yang ditulisnya, sehingga pembaca meyakini cerita yang dibaca itu sebagai kisah nyata.

Contoh tulisan yang baik adalah cerita-cerita Alkitab (jika memang dituliskan oleh manusia). Di Alkitab ada kisah mengenai Nabi Musa yang memiliki tanduk cahaya, Nabi Yusuf yang tinggal di perut ikan dan pembaca meyakininya.

Tulislah cerita yang membuat…

View original post 1,005 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: