Ironi Permainan Pikiran #08 Kembali ke Indonesia


Tahun 2013, saya kembali ke Indonesia, membawa gelar seorang master jebolan Eropa. Kerja kembali di PT Kaya Raya, saya merasakan segalanya berubah. Karena masuk di unit yang berbeda, bos saya bukan Pak Boss lagi. Jabatan saya memang naik, dari supervisor menjadi asisten manager, tanggung jawab juga meningkat. Kalau mau dibilang versi kerennya, saya mengontrol pembelian investasi keseluruhan pabrik, total asset yang saya atur dihitung dengan angka beratus2 M. Masalahnya, bagi saya pekerjaan ini membosankan sekali. Saya tidak mendapat kebebasan dan kepercayaan seperti yang saya dapat di pekerjaan pertama saya, saya tidak merasa banyak orang terbantu dengan pekerjaan saya, saya tidak merasa dihargai. Terlebih lagi, saya merasa kultur kerja di kantor ini tidak menyenangkan, banyak korupsi. Idealisme saya waktu itu berontak, tidak lebih dari 4 bulan saya bekerja disana, saya berhenti.

Saya ingat sebelum saya berhenti dari pekerjaan itu, saya merasa bosan sekali, bosan yang tanpa alasan. Saat itu hubungan dengan Rumput merenggang, tapi kami tetap berteman akrab….saya tidak tahu apa yang berubah. Di titik ini, hidup menjadi serba salah, amat sangat membosankan. Sebenarnya kalau mau dirunut, karir saya cukup baik, gaji sangat memadai, tapi saya tidak merasa puas. Setelah berhenti bekerja di PT Kaya Raya, beberapa bulan saya yakin akan mendapatkan pekerjaan baru sesuai harapan. Tapi pada akhirnya saya sadar, saya tidak tahu apa yang sebenarnya saya inginkan, rasa bosan yang membunuh tetap berlanjut, terkadang hilang, lalu muncul lagi.

Bersambung…..

Pengelana (siapapun itu)

2 responses

  1. Menarik…. terusin mas !!

    Liked by 1 person

Leave a Reply

