Ringkasan : Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (7)


 sambungan dari
Keuntungan menerapkan Teori Peran ;Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (6)

Ringkasan
Beberapa pembicara pada konferensi ini akan menyuguhkan aspek-aspek lain dari dasar teoretis psikodrama. Aku akan menyatakan kembali poin utama saya:

1. Psikodrama harus dipahami sebagai metode yang kompleks dan kaya harus dapat diintegrasikan ke dalam praktek Psikoterapi secara holistik dan Integratif multimodal. Dasar pemikirannya adalah bahwa hal itu mengoperasionalkan banyak tujuan dan strategi teoretis Psikoterapi, seperti juga diungkapkan oleh ratusan inovator seluruh bidang Psikoterapi. Pendekatan-pendekatan ini lebih dihargai sebagai sebuah bagian dari matriks ide teoritis bahkan lebih luas yang berkaitan dengan sifat psikologi, termasuk sosial, budaya, dan dimensi Psikosomatis

2. Dasar-dasar penggunaan psikodrama dihargai lebih lanjut oleh sejumlah perkembangan di bidang yang berkaitan erat, tidak hanya tulisan-tulisan di dalam wilayahnya sendiri. Dramatherapy, drama di bidang pendidikan, dasar-dasar teoritis dari Terapi Seni kreatif lainnya, dan ide-ide lain dalam jenis lain terutama yang Action-Oriented Therapy, semua memiliki relevansi, dan penelitian serta tulisan-tulisan di bidang ini dalam beberapa dekade terakhir adalah signifikan.

3. Di sisi lain, ide-ide yang kompleks yang berhubungan dengan Psikodrama, belum tentu langsung merujuk Psikodrama itu sendiri, tetapi berbicara masalah yang lebih umum, sifat manusia, pertumbuhan dan interaksi manusia. Hal ini memberikan kontribusi yang berharga untuk bidang Psikologi yang lebih besar, dan beberapa contoh telah terbukti.

4. Sebagai sebuah heuristik terutama ide, menerapkan teori-peran Moreno, elaborasi yang lebih sistematis dari pendekatan kreatif untuk teori Peran Sosial, mungkin tinggal calon penerusnya untuk mengaplikasikan secara praktis di bidang Psikoterapi umum, meskipun tidak ada tindakan nyata metode yang digunakan. Lebih dari itu, pendekatan ini menawarkan konteks meta-wacana lintas disiplin, dan user-friendly untuk melibatkan pasien dan masyarakat umum yang lebih aktif dalam proses Kolaboratif. Dalam semua hal ini, dasar-dasar Teoretis Psikodrama telah diperkuat, dan saya berharap kemajuan lebih lanjut di masa depan. Selain itu artikel tentang Teori Psikodrama dapat ditemukan di situs web ini.

________________________________________

Referensi

Blatner, A. (1985a). The dynamics of catharsis. Journal of Group Psychotherapy, Psychodrama, & Sociometry, 37(4), 157-166.

Blatner, A. (1985b). Moreno’s “process philosophy.” Journal of Group Psychotherapy, Psychodrama & Sociometry, 38(3), 133-136.

Blatner, A. (1988). Spontaneity. In Foundations of Psychodrama: History, Theory & Practice. New York: Springer.

Blatner, A. (1997a). Acting-In: Practical Applications of Psychodramatic Methods (3rd ed.). London: Free Association Books. (Also published in 1996 in New York: Springer Publishing Co.) This book has many updated references, especially in a revised chapter on theory.

Blatner, A. (1997b). The psychological implications of postmodernism. Individual Psychology, 36(4), 467-474.

Blatner, A. (1997c). Psychodrama: The state of the Art. The Arts in Psychotherapy, 24(1). 23-30.

Remer, R. (1997). Chaos theory and the Hollander psychodrama curve. International Journal of Action Methods, 50(2), 51-70.

Worell, J. & Remer, P. (1992). Feminist perspectives in therapy. New York: Wiley.

 Selesai

Terjemahan Bebas dari

THEORETICAL FOUNDATIONS OF PSYCHODRAMA Adam Blatner, M.D., T.E.P.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: