Dasar Filosofis ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (4)


sambungan dari :
Perkembangan Teori ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (3)

Dasar Filosofis

Aspek lain dari teori bahkan melampaui teori-meta, dan pandangan filosofis yang lebih umum. Moreno adalah visioner yang berani untuk menyarankan ide metafisik dan teologi pada saat spiritualitas dan psikologi umumnya dianggap sebagai wilayah yang terpisah dari bisnis. Ilmu agak dihapus dari agama, dan pernyataan-pernyataan filosofis Moreno itu sedikit memalukan. Namun, upaya ini mungkin kompartementalisasi mengkritik diri sebagai hasil dari sub-kultur intelektual yang bingung dengan saintisme ilmu pengetahuan, yang juga dalam cengkeraman sekuler, materialistis, reduksionistik mitos.

Pandangan modern masih berlaku di banyak kalangan, tetapi sekarang dikritik oleh beberapa intelektual untuk meyakinkan pemikiran “postmodern”. Kritik ini seperti membuka kembali pandangan bahwa Psikologi pada gilirannya berdasar pada sesuatu yang implisit jika tidak eksplisit pada pandangan dunia, filsafat, dan yang membuat asumsi tingkat yang lebih eksplisit juga harus menjadi bagian dari teori Developmen yang bertanggung jawab (Blatner, 1997b).

Filsafat Moreno tidak memiliki sistematisasi dan sering tidak diukur untuk penelitian akademis berkualitas mengagumkan dan hanya mode biasa. Namun, pada refleksi, ide-idenya memiliki banyak kesamaan dengan filsuf modern yang cukup padat, seperti Alfred North Whitehead atau Charles Hartshorne (Blatner, 1985b).

Pada gilirannya, pertimbangan filosofis ini mengarah pada perluasan pandangan kita terhadap jiwa, yang tidak disadari – dan perluasan semacam ini pada gilirannya menuntut perluasan yang sesuai teori. Ini merupakan tantangan yang melibatkan lebih dari sekadar Psikodrama – memunculkan bahasan pandangan dunia kita, tempat Psikologi dan Spiritualitas berkaitan satu sama lain dan kebudayaan pada umumnya. Aku sedang bekerja pada isu-isu ini, dan berharap orang lain akan melakukan juga.

 

bersambung ke

Kontribusi Psikodrama terhadap Psikologi ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (5)

 

Terjemahan Bebas dari
THEORETICAL FOUNDATIONS OF PSYCHODRAMA Adam Blatner, M.D., T.E.P.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: