SHARING PENGALAMAN SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN


MIND-BODY-SOUL AWAKENING
Kelas Psikodrama III

Pagi itu , 7 September 2015 , pukul 06.05. WIB kereta saya tiba di sebuah stasiun kereta api di Semarang. Tanpa membuang-buang waktu lagi saya bergegas keluar dari stasiun tersebut dan segera mencari taxi untuk menuju kampus untuk mengisi kuliah pagi jam 07.00 WIB. Rasa lelah dan kantuk yang biasa saya rasakan setelah bepergian jauh pagi itu seperti enggan menghampiri saya meski sepanjang perjalanan mulai pukul 23.00 WIB hingga jam kedatangan tersebut lebih banyak saya habiskan dengan begadang (sibuk berselancar di dunia maya dari searching jurnal hingga chating dengan teman). Efektif jam tidur saya malam itu hanya sekitar 2-3 jam namun yang menakjubkan adalah saya tetap merasa bugar dan yang lebih dahsyat lagi adalah saya merasakan bibir saya sulit untuk tidak mengukir senyuman (semoga saja pagi itu tidak ada orang yang menganggap saya gila karena tersenyum-senyum sendiri) . Yah…pagi itu hati saya dipenuhi rasa kebahagiaan dan semangat yang luar biasa dan hasilnya sebuah sunggingan senyum manis yang tak pernah lepas dari bibir saya. Dan efek positif dari pelatihan ini masih terbawa dalam kelas kuliah yang saya ampu. Pagi itu saya mengawali kuliah dengan mengajak mahasiswa saya untuk melakukan refleksi diri. Saya ajak mahasiswa saya untuk keluar dari keterbatasan diri yang selama ini telah ditularkan melalui virus pikiran negatif yang menghiasi mindset mereka hingga memunculkan tembok penghalang untuk menempa diri menjadi orang hebat. Tentu saja hal ini tetap saya selaraskan dengan tujuan kuliah hari itu , yakni saya ingin membangun” rasa mampu /bisa “ dalam diri mahasiswa saya untuk menguasai salah satu mata kuliah sulit yang menjadi momok bagi mahasiswa. Tentu salah satu output nya meski bukan tujuan utama mahasiswa bisa lulus dengan nilai yang optimal.

Event pelatihan psikodrama dengan tema : MIND-BODY-SOUL AWAKENING yang dipandu oleh A.M.Bebet Darmawan, seorang military trainer & instructor sekaligus HRD consultant yang menempa kepakarannya dalam dunia training secara otodidak dan berlatar ilmu psikologi itu dengan dibantu oleh trainer dan praktisi psikodrama, Retmono Adhi memberikan extra ordinary experential learning bagi saya. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini benar-benar pelatihan luar biasa yang pernah saya ikuti. Dari sekian banyak pelatihan yang pernah saya ikuti, pelatihan ini saya rasakan sebagai pelatihan yang tidak saja menginspirasi tetapi paling cepat memberikan impact langsung bagi pesertanya. Hal ini tercermin dari komentar dan ekspresi dari peserta yang tampak jelas dari gesture yang menunjukkan rona bahagia dan semangat yang menggelora. Bisa jadi hal ini merupakan refleksi diri yang merasa lega karena baru saja terbebas dari keterbatasan pemikiran yang membelenggu diri untuk tidak berani bermimpi menjadi orang hebat (pribadi yang luar biasa). Saya yakin mayoritas peserta pasti berkeinginan untuk tidak melewatkan level lanjutan dari pelatihan ini.

Saya berkeyakinan pelatihan seperti ini akan terus diminati oleh banyak orang karena pelatihan ini benar-benar complicated. Saya salut pada pribadi-pribadi yang luar biasa yang menjadi konseptor dari pelatihan ini yang mengemas sedemikian rupa dengan menggabungkan berbagai metode dari psikodrama, neuro science, astral, manajemen, filsafat dan antropologi hingga mampu menghasilkan pembelajaan yang extra ordinary experential learning, ada efek have fun nya juga dan mampu menyentuh aspek-aspek kemanusiaan. Unik (metodenya) dan Dahsyat (efeknya)…dua kata itu saya rasakan paling tepat saya kemukakan untuk merepresentasikan pelatihan ini karena pelatihan ini tidak hanya memperdengarkan kepada peserta tetapi juga mengajak peserta untuk menyaksikan dan mengalami sendiri kekuatan dan kehebatan diri sebagai dampak dari keyakinan yang kuat yang distimulasi dengan slogan : BISA-HARUS BISA-PASTI BISA . Tentunya semua itu tak lepas dari upaya untuk menyeimbangkan MIND-BODY-SOUL dan dilengkapi dengan bermunajah kepada Allah SWT/ Tuhan agar sempurna kekuatan yang tercipta dari proses tersebut. Akhir kata pelatihan ini mampu menancapkan tekad yang kuat dalam diri peserta untuk menempa diri menjadi ORANG HEBAT yang memiliki karakter pribadi yang luar biasa.

 

Semarang, 10 September 2015 (pukul:13.00 WIB)
Laily Rahmah

Leave a Reply

