Pelatih Karir : 5 Hal yang Perlu Dipegang Teguh Ketika “Membeli” Pelatih Karir


Pelatih Karir, layaknya Professional lainnya, akan dinilai dari Karakter dan Reputasinya. Ketika seseorang dapat memasang papan nama di depan pintu yang menyatakan bahwa mereka adalah seorang pelatih karir, maka anda menginginkan hasil yang praktis. Berikut adalah 5 contoh pelatih yang akan menciptakan perubahan dalam membantu anda mencari pekerjaan impian anda.


1. Periksa Reputasinya. Sertifikasi dan organisasi yang terakreditasi serta pengalaman tidak hanya membantu anda ketika wawancara maupun negoisasi, namun juga dapat menguatkan resume anda.

2. Mintalah Referensi. Jangan ragu untuk mewawancarai pelatih karir anda dan meminta referensi darinya. Pelatih karir yang berkualitas biasanya akan memberitakan kesuksesan dan pencapaiannya serta menempatkan anda untuk tetap terhubung dengan klien yang juga dapat menyebarkan kualitas mereka. Ketika pelatih karir anda nampak gelisah dan mengganti topik pembicaraan ketika anda bertanya mengenai hasil, kemungkinan mereka kurang percaya diri.

3. Buatlah Koneksi atau Jangan “pakai” mereka. Salah satu hal yang terpenting ketika memilih seorang pelatih karir adalah koneksi secara personal, perasaan nyaman dan komunikasi yang terbuka. Pelatih karir yang baik adalah juga seorang pendengar yang baik, dan ketika anda merasa tidak nyaman saat berkomunikasi dengan pelatih karir anda apapun alasannya, maka tetaplah mencari pelatih karir lain yang cocok secara alami dengan anda. Pelatih karir adalah semua hal tentang memahami bakat, kebutuhan, dan tujuan seseorang. Dan sebagian besar pelatihan karir digunakan untuk berbicara mengenai pilihan-pilihan dan strategi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan upah yang memuaskan.

4. Apakah Pelatih Karir Anda Menanyakan Pertanyaan yang Benar? Dan untuk benar-benar mendengarkan, seorang pelatih karir harus mengetahui bagaimana cara menanyakan sesuatu dengan tepat. Seperti halnya karyawan potensial yang akan menyanyakan sesuatu untuk mencari tahu tentang anda ketika wawancara, seorang pelatih karir yang cerdas telah terlatih dalam seni bertanya untuk membantu anda melihat gambaran karir yang lebih luas.

5. Apakah Anda Mengalami Momen “Aha!”? Ketika anda bekerja dengan pelatih karir yang terlatih dan berpengalaman, anda seharusnya mendapati momen tersebut, ketika anda mendapatkan sebuah “pencerahan” dan berpikir “Wow. Saya tidak pernah melihat ke arah itu sebelumnya” atau “Astaga. Saya belum pernah memikirkan hal itu.” Maka hal itu adalah sebuah proses yang seharusnya membuat anda berpikir “outside of the box” mengenai potensi karir anda.

By Kailey Barney
Sumber :
NETWORK AND FINANCE | DATE: 2014/12/04 | CATEGORIES: CAREER ADVICE

diterjemahkan oleh : Sistha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: