Kepemimpinan Digital, Inovasi dan Kolaborasi


Ketika bekerja di ranah digital dan kreatif, dalam organisasi apapun Anda harus inovatif, berani dan merasa tertantang untuk mengambil risiko memperkenalkan ide-ide digital yang baru.
Cukup banyak orang yang masih merasa takut dengan teknologi baru dan hal tersebut dapat menghentikan pembangunan serta membuat seluruh organisasi menjadi “beku”. Dalam digital, diam dan tidak mengembangkan proyek dalam jangka waktu beberapa bulan saja akan dapat menghancurkan.
Konsumen dapat menjadi sangat menuntut (mungkin Anda sudah menyadarinya juga), dan untuk menyenangkan klien kita, Anda harus meng-eksplor teknik dan cara baru untuk tetap terkoneksi.
Ketika Anda menemukan cara-cara baru untuk melakukan bisnis Anda kemungkinan besar akan menggunakan perantara digital, misalnya, untuk membangun cara-cara baru dalam perdagangan, cara-cara baru mengelola layanan pelanggan dan bahkan dalam penciptaan produk baru.
Bisnis yang berjalan dengan baik seringkali memimpin dalam permainan, menggunakan teknologi dengan baik dan menunjukkan bagaimana caranya maju depan bagi yang lain. Bisnis ini tidak menunggu orang lain atau dari siapa untuk belajar, mereka tidak ingin hanya menyalin ‘cara terbaik’ sebelum bertindak. Mereka membuat banyak kesalahan, belajar dari hal itu dan kemudian melangkah ke proyek berikutnya.
Sebuah organisasi yang mengelola inovasi dengan baik juga mengetahui bagaimana cara kreativitas bekerja. Kami kehilangan banyak kreativitas alami kami pada masa sekolah. Di sekolah, setelah kita diberitahu untuk melakukan suatu hal dengan cara tertentu, kita tidak berani untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi. Disini kita mencoba sebaik mungkin untuk menyesuaikan diri dan tidak terdesak keluar.

Inovasi dan Kreatifitas adalah Hal yang tidak Nyaman
Ketika Anda merusak sebuah pola atau mencoba sesuatu yang baru, Anda akan merasa terdesak , dan mungkin menemukan diri Anda dalam situasi yang tidak nyaman. Jika inovasi terasa nyaman, Anda mungkin tidak berinovasi, itu adalah sesuatu yang sudah biasanya Anda lakukan.
Bisa jadi Anda adalah orang yang beruntung dan memiliki tim serta lingkungan yang mendukung Anda, itu adalah suatu kondisi ideal meskipun jauh dari kenyataan. Hal sebaliknya justru dapat terjadi, orang akan menertawakan dan menolak Anda sehingga membuat Anda berhenti berusaha. Siapa pula yang berani untuk menjadi kreatif dalam lingkungan seperti itu? Untuk menjadi kreatif kita harus mengambil banyak energi dari semua hal, dan dukungan yang kurang dapat membuat Anda merasa hal itu tidak mungkin dapat diwujudkan.
Kemampuan untuk menjadi kreatif bergantung pada komunikasi yang baik dengan tim Anda dan nilai-nilai yang dibangun bersama serta keyakinan yang akan mendorong Anda untuk terus maju, seperti halnya juga kepemimpinan yang akan segera “mengampuni” Anda jika Anda mengacaukan segalanya.
Saya mewawancarai PA Stahlberg, pakar kreativitas Swedia dan dia berkata: “Jika Anda ingin kreativitas yang nyata, Anda harus membuang waktu!” Anda mungkin merasa tidak nyaman untuk membuat kesalahan, tetapi menurutnya, resep untuk sukses adalah melakukan kesalahan untuk setidaknya tiga buah per bulan. Ia mengatakan hal ini kepada saya beberapa tahun yang lalu, sekarang kita perlu mengeksplorasi ide-ide lebih cepat dan lebih sering melakukan kesalahan.
Kepemimpinan digital adalah tentang mengetahui apa yang memotivasi seseorang dan bagaimana menciptakan lingkungan yang akan membantu organisasi dalam jangka panjang.

Bahasa dan Kreativitas
Ketika Anda bekerja dalam sebuah tim, satu hal yang benar-benar penting untuk merasa kreatif dan berani adalah bahasa. Ketika seseorang menyarankan perbaikan atau ide baru, luangkan waktu dan dengarkan apa yang rekan Anda katakan serta doronglah mereka untuk menceritakannya lebih lanjut.
Terkadang kita begitu sibuk hingga cara kita berkomunikasi dengan orang lain menghentikan arus dan kreativitas dan bahkan kita tidak ingin akan menghabiskan beberapa menit kita untuk mendengarkan rekan kita. Jika hal ini sering terjadi, maka hasilnya akan segera terlihat: inersia birokrasi. Nampak beberapa orang memiliki “cangkang” di sekitar mereka dan tidak akan membiarkan ide-ide baru untuk masuk.
Sama, kita seringkali mengevaluasi suatu ide ketika ide itu terlalu kecil dan lemah untuk bertahan ketika di kritisi. Saya telah membuat kesalahan ini berkali-kali dan ide baru itu disajikan kepada jenis orang yang berpikir bahwa medali emas diberikan untuk menjadi orang yang paling kritis dalam bisnis.
Ketika Anda memiliki ide atau proyek baru yang membutuhkan waktu untuk berkembang dan tumbuh lebih kuat, maka Anda perlu berbagi dengan orang lain yang akan memberikan masukan positif. Kemudian ketika ide tersebut sudah “matang”, Anda dapat membagikannya kepada orang-orang yang tidak tahu bagaimana memelihara ide.

Seni berkolaborasi
Semua organisasi dan orang-orang mendapatkan keuntungan dari kolaborasi yang lebih baik, secara internal maupun eksternal. Salah satu cara untuk membantu kreativitas mengalir adalah membentuk hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Kemudian ketika Anda memiliki tantangan, Anda pun memiliki lebih banyak orang untuk dimintai bantuan dan mereka akan dengan senang hati membantu Anda.
Pada masa ini keterampilan digital sangat penting dalam profesi apa pun. Gunakan mereka secara cerdas dan Anda akan selangkah lebih maju.

Oleh: Sofie Sandell

Sumber :
http: //eepurl.com/oSjz1, Jul 13, 2015

diterjemahkan oleh: Sistha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: