SANDARAN MASA DEPAN #Goresanku 69


Ada seorang anak kecil bertanya padaku,
“Ibu sayang tidak sama anaknya?”
“Tentu sayang dong,” jawabku.
“Pasti deh, bila minta apa-apa selalu diberi,” katanya.
“Bagaimana dengan kamu sendiri ?
“Wah mama sayang banget lho sama aku, bila aku minta apa-apa pasti diberi. Bahkan bila aku makan disuapi, mau minum diambilkan. Pakai baju dan sepatu pas mau sekolah juga mama yang pakaikan.
Kelihatannya anak tersebut senang dan menikmati sekali fasilitas dan perlakuan yang diberikan mamanya kepadanya. Dibalik itu dia tidak tahu bila hal tersebut sangatlah tidak baik untuk perkembangannya ke depan.
Memang ada beberapa orangtua, seringkali merasa rela berkorban diri demi Sang Buah Hati. Mereka tidak sadar bahwa sikap seperti itu menumpulkan mental pemberani Sang Anak. Tidak salah, kita sebagai orangtua ingin memberikan fasilitas dan kemudahan-kemudahan bagi anak sebagai wujud rasa sayang kita. Tapi setidaknya kita bisa menakar seberapa banyak porsi yang kita berikan demi kebaikan anak sendiri.
Menurutku, sangatlah bijak bila kita sebagai orangtua tidak hanya menjadikan dirinya tempat bersandar bagi buah hatinya. Adalah bijak juga jika para Orangtua membentuk anak-anaknya menjadi pribadi yang mandiri. Sehingga kelak di saat orangtua sudah tidak bisa lagi mendampingi, Anak sudah siap. Dan mampu melakukan semua dengan percaya diri.

Ditulis kembali oleh :
Catharina Tyas Kusumastuty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: