JENIS PELATIHAN BERBASIS DRAMA ; SEBUAH PANDUAN UNTUK TRAINING BERDASAR DRAMA #Psikodrama 3/7


….sambungan dari ….Perspektif Sejarah

Para ahli dalam pelatihan dan pendidikan menunjukkan bahwa tujuan pelatihan apapun adalah untuk memberikan pembelajaran yang dapat ditransfer dari ruang pelatihan ke tempat kerja. Untuk mencapai transfer belajar dalam pelatihan people-skills, metode pembelajaran harus nyata, relevan, praktis, dan menetap. Pelatihan harus nyata dalam hal itu mencerminkan pekerjaan tertentu dan konteks peserta, yang relevan dalam hal ini berfokus pada kebutuhan dan kepentingan khusus mereka, praktis dalam apa yang diharapkan tercapai, jawaban pragmatis terhadap kepentingan mereka, dan menetap lama bahwa peserta akan mengingat pengalaman pembelajaran mereka dan menjadi abadi jauh melampaui akhir sesi latihan.

Pelatihan berbasis Drama dibangun dengan standar yang sama dengan bentuk-bentuk pelatihan lainnya. Efektivitasnya harus dinilai berdasarkan kemampuannya membantu dalam transfer belajar dari ruang pelatihan ke tempat kerja. Seperti halnya pendekatan pelatihan lainnya, efektivitasnya tergantung pada desain, metodologi khusus, tim instruktur, dan metode tindak lanjut.

Karena ada banyak Metode dan Styles Pelatihan berbasis drama, mungkin ada kebingungan tentang memilih jenis tertentu pelatihan berbasis drama. Bahkan, ada beberapa tingkatan dampak dalam pelatihan berbasis drama, dari yang pasif berupa Observasi Kinerja sampai sangat aktif, berupa Latihan Pengembangan Ketrampilan   (skills-bulding) dan Pelatihan terstruktur (Structured Training) Kita amati level ini dalam hal “berdampak rendah”, “berdampak sedang,” dan “berdampak tinggi” sehubungan dengan kemampuan metode ini untuk mentransfer pembelajaran. Sebuah Perusahaan akan memilih jenis pelatihan berbasis drama tergantung pada tujuan dari pelatihannya. Berikut ini adalah deskripsi dari berbagai tingkat pelatihan berbasis drama dengan contoh situasi pelatihan yang sebenarnya.

Bersambung ….. Pelatihan Low-Impact 

Terjemahan bebas dari :

A Guide to Drama-Based Training

by Joyce St. George, Sally Schwager and Frank Canavan
Reprinted from: Employment Relations Today, Winter 1999, Vo. 25, No. 8.
© John Wiley & Sons.

2 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: