AKIBAT PERGAULAN ? #Goresanku 81


Tak dapat disangkal lagi bahwa sebuah pergaulan memiliki dampak yang sangat besar bagi pembentukan kepribadian seseorang. Tak heran jika ada peribahasa mengatakan “KITA ADALAH PERGAULAN KITA”. Dengan siapa kita bergaul, maka kita akan menjadi sama persis dengan pergaulan kita itu.
Boleh jadi kita punya kebiasaan yang baik dalam bertutur kata, tapi cobalah kita berkumpul terus menerus dan bergaul dengan mereka yang suka mengumpat dan berkata jorok. Maka tutur kata yang santun itu akan mengalami degradasi dan lama kelamaan menjadi tutur kata yang penuh umpatan, kasar dan jorok.

Bisa jadi kita adalah orang yang sangat positif dalam memandang hidup, tapi bergaul dengan para pesimis dan orang-orang negatif akan merusak kebiasaan kita dan membentuk sebuah kepribadian baru, menjadi pesimis dalam hidup.
Barangkali jika seorang penjual buah jeruk cukup jeli memperhatikan setiap butir jeruk yang dimiliki tentu ia tak harus menanggung kerugian besar akibat banyaknya buah jeruk yang membusuk. Untuk membuat busuk 100 buah jeruk segar tak terlalu sulit. Masukkan saja satu buah jeruk yang sudah membusuk, maka dengan cepat bakteri pembusuk akan membusukkan jeruk-jeruk yang ada di dekatnya. Pernahkah kita terpikir mengapa 99 buah jeruk tidak bisa membuat satu buah jeruk yang busuk menjadi baik, justru sebaliknya satu buah jeruk busuk bisa merusak 99 jeruk lainnya yang baik. Seperti itulah pergaulan!
Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah seperti apakah pergaulan kita sekarang ini?

Ditulis kembali oleh :
Catharina Tyas Kusumastuty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: