5 Hasil Mengikuti Pelatihan


Pada tanggal 24 – 25 November 2014, Aku mengikuti Pelatihan Impact Selling With EQ yang diadakan oleh HR Excellency. Dalam pelatihan ini ada diberikan Bonus oleh Antonio Dio Martin, sebuah pengetahuan yang menurutku penting. Aku sebut bonus karena tidak secara langsung berhubungan dengan judul Pelatihannya. Bonus tersebut adalah 5 hasil yang meski didapat dalam mengikuti pelatihan.
1. Pengetahuan
Peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan, mendapatkan pengetahuan baru, sesuai dengan tema, atau judul dari pelatihan. Apabila peserta sudah pernah tahu, ya… lebih mendalami Pengetahuan tersebut, sampai betul betul paham dan merasa mampu untuk menerapkannya dalam kehidupan nyata.
2. Jaringan
Jaringan dalam hal ini adalah kenalan baru, teman baru. Teman dapat disebut Jaringan jika kita betul betul mengenal dan mengetahui siapa teman kita tersebut, misalnya Pekerjaannya, alamat, nomer kontak, hobby dan hal hal lain yang istimewa. Informasi ini berguna apa bila kita nanti akan bertemu lagi. Dengan mengetahui informasi ini, dihubungkan dengan minat, bisnis, atau hobby kita, akan menjadi hasil berikutnya yaitu Peluang.
3. Peluang
Tentunya kita memiliki tujuan dalam kehidupan ini. Dengan pelatihan diharapkan terbuka kesempatan baru, peluang baru, sehingga memiliki banyak alternative dalam mencapai sukses hidup. Kita semua tahu bahwa dalam perjuangan hidup tidak ada jalan tunggal. Dibutuhkan alternative jika menemukan jalan buntu.
4. Bijaksana
Kita diharapkan lebih mampu berpikir strategis, dengan memiliki pengetahuan atau data yang lebih banyak. Lebih matang dalam membuat keputusan, dan lebih siap dalam situasi yang tidak diharapkan, serta tetap optimis dalam menggapai cita-cita.
5. Solusi
Kita mendapatkan solusi dari permasalah yang kita hadapi, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Setiap orang memiliki masalah, dengan mendapatkan solusinya maka kita akan lebih siap untuk menghadapi masalah yang lebih besar.

Kelima hal ini dapatlah menjadi pedoman bila kita mengikuti pelatihan. Kita dapat menjadikannya bahan refleksi, apakah biaya, waktu dan pikiran yang kita curahkan mendapatkan hasil yang setimpal.
Begitu juga kelima hal tersebut dapat dijadikan pedoman bagi Fasilitator, atau Trainer, apakah telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Catatanku,
5 Hal tersebut biarlah menjadi relative untuk tiap pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: