Menurutmu, Mengapa Buku Peter Drucker tidak Jadi Referensi Kuliah Manajemen?


Inti Hidup

Aneh, seorang yang diakui sebagai “The Father of Modern Management” (ini kata Phillip Kotler kalau tidak salah) ternyata tidak ada di daftar referensi kurikulum kuliah manajemen.

Aku mengenal nama Peter Drucker sekitar 10 tahun yang lalu. Ketika itu aku hanya mendengar selentingan namanya disebutkan pada sebuah sesi pelatihan.

Suatu ketika di pekerjaanku, aku diangkat menjadi manajer. Aku yang tidak pernah mengenal manajemen selain obat, harus segera belajar.

Aku pun mencari buku Drucker di internet. Aku download. Aku membacanya. Walaupun masih ada yang tidak kumengerti, aku menilai bahwa Peter Drucker adalah seorang pakar manajemen.

Dan aku pun terusik untuk mencari tahu apakah kuliah manajemen juga menggunakan buku-bukunya sebagai referensi. Aku juga akan mencari bukunya yang dijadikan referensi kuliah untuk kupelajari.

Tapi hasilnya sungguh mengherankan. Dari sekian banyak buku panduan, tidak ada satu pun karangan Drucker di sana. Dan itulah yang mengusik keingintahuanku.

Bukunya yang berjudul “Management” menurutku seperti ensiklopedia manajemen yang…

View original post 36 more words

Leave a Reply

