Menjadi Lebih Spontan


Salah satu dari sejumlah misi yang dipilih dalam hidup adalah untuk membantu orang kembali lagi pada potensi alami mereka sendiri untuk spontanitas dan kapasitasnya untuk eksplorasi yang penuh permainan. Sebagaimana Allee dan saya menulis dalam The Art of Play (yang saat ini kita tulis ulang), spontanitas dan bermain tidak dengan sendirinya kekanak-kanakan. Meskipun akarnya dimulai pada anak usia dini, dan itu akan menahan pada pertengahan masa kanak-kanak dan seterusnya, bahkan bermain imajinatif, seperti menari atau bernyanyi, bisa juga dipupuk dan disalurkan sepanjang hidup. (Ya, yang mungkin memerlukan budaya yang lebih tercerahkan, tapi itulah yang saya sedang mencoba untuk membantu mewujudkannya!)
Jika pikiran itu terjadi pada Anda, “Oh, aku tidak bisa spontan, “apa yang sesungguhnya Anda berpikirkan dibalik itu adalah bahwa jika Anda membuat kesalahan saat Anda melonggarkan kendali Anda, akan mempermalukan diri sendiri. Tapi ini adalah kesalahpahaman dari konteks sosial Anda. Jika Anda bergaul dengan orang lain yang spontan juga dalam lingkungan di mana itu sedang terjadi, Anda akan diberikan ruang untuk bermain . Kita semua menjelajahi, jadi mari kita memaafkan diri kita sendiri dan orang lain, dan berharap bahwa orang lain akan sama murah hati dalam niatnya. ( Jika tidak , maka …. maka kita hanya akan tidak bermain dengan mereka ! Itu kerugian mereka !)
Anda lihat , Anda sebenarnya sedang spontan sepanjang waktu dalam hal-hal yang sepele. Ini sepele dan jika Anda tidak berpikir tentang hal itu Anda tidak menganggapnya bahwa hal itu terjadi. Beberapa orang lebih sadar merasa bebas dalam memberikan impuls kebebasan ketika tidak ada ruginya. Bahkan “beruang dengan otak yang sangat kecil” (seperti Winnie – the- Pooh kadang-kadang digambarkan) dengan tidak sadar diri cukup berani untuk membuat lagu-lagu sederhana, kata-kata dan melodi. Hal itu tidak mengesankan, tapi hal itu lucu.
Pekerjaan saya adalah untuk menawarkan Anda dalam tulisan baik ide untuk bagaimana bermain dan pembenaran teoritis untuk aktivitas ini. Saya berharap tawaran ini menjadi sarana bagi Anda untuk memberikan diri Anda berani bereksperimen dengan hidup Anda, membuat bagaimana Anda akan berpakaian saat ini, berimprovisasi. Tentu saja anak-anak tidak perlu teori untuk membenarkan permainan mereka –bagaimana mereka, seperti apa mereka, disebut apa mereka. Saya hanya mengatakan bahwa kita juga! Urus bisnis, kemudian menikmati hidup Anda.
Hal ini dekat dengan sejenis meditasi. Alih-alih itu berisi sebagai pikiran atau gambar yang Anda bayangkan atau abaikan dan lepaskan, biarkan itu datang melalui pikiran-tubuh Anda dan wujudkan dalam tindakan di mana orang lain juga berimprovisasi. Kedua cara itu melibatkan kepasrahan dicampur 2/1 dengan tanggung jawab.
Seni untuk menjadi ingin tahu dan membudidayakan spontanitas Anda sendiri, dapat mengambil banyak bentuk – memasak, menari, puisi, seni, dan beberapa elemen yang dicampur dengan kegiatan yang lebih memiliki pertimbangan, seperti berkebun atau dekorasi rumah. Kadang-kadang ini bekerja lebih baik dalam kesendirian, kadang-kadang bekerja lebih baik saat berada di sekitar orang lain yang sedang melakukan sesuatu , kadang-kadang spontanitas muncul sebagai salah satu cara berinteraksi dengan orang lain seperti Anda bermain bersama atau bekerja sama dalam beberapa aktivitas. Saya pikir banyak tentang imaginativeness dan spontanitas , dan saya terbuka untuk pertanyaan yang mungkin membantu saya membuatnya lebih jelas bagi Anda .

Terjemahan bebas dari:

Becoming More Spontaneous
Originally posted on January 8, 2013 oleh Adam Blatner

3 responses

  1. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    bukan seperti yang tertera diatas, shock therapi yg dimaksud adalah memberikan sesuatu dengan cara kejutan. Sehingga seseorang disitu bisa belajar secara spontan menanggapi sesuatu, walaupun yg dikerjakanya gagal dan gagal lagi, dan dengan begitu akan tetap terus berusaha untuk mendapatkannya. Dan sebagai hasil akhir karena sering mendapat kejutan2 reflek akan bekerja, dg begitu orang akan lebih bisa bekerja secara spontan. Ini bisa dikatakan tahap awal untuk menuju ke lebih spontan itu sendiri …..
    Bagaimana ?

    Liked by 1 person

  2. Apa yang dimaksudkan dg shock therapy? menurut kamus shock therapy adalah pengobatan untuk penyakit mental di mana pasien diberikan kejutan listrik, jika hal ini yang dimaksud tentu saja Shock Therapy tidak dapat masuk dalam bahasan ini.

    Like

  3. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Fakta …… ada kalanya merencanakan sesuatu malah membuat kita gagal melakukannya. Maka perlu mencoba untuk melakukan sesuatu dengan segera dan spontan ( kejutan2 ).
    Pertanyaanku : apakah pembelajaran dengan memberikan shock therapi bisa diberlakukan di sini ? . Terimakasih …….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: