Rahasia untuk Perubahan Pribadi menjadi lebih baik


Kebanyakan orang ingin mengubah sesuatu tentang diri mereka. Di negeri ini kita memiliki tradisi optimis tentang “mencapai tempat tertentu” dan “mencapai lebih tinggi,” yang mencakup mendapatkan citra diri tertentu. Perubahan dan optimisme berjalan seiring. Tampaknya, dalam krisis ekonomi saat ini, optimisme yang tertinggal, tapi masih ada motivasi yang kuat untuk berhasil, yang berarti mampu mengatasi hambatan. Banyak kendala yang dihadapi orang-orang dalam meraih kesuksesannya, kesemuanya bersifat pribadi. Itulah sebabnya hampir semua orang ingin mengubah kebiasaan, ciri kepribadian, kecemasan kronisnya, dan sebagainya.

Masalah dengan perubahan pribadi adalah jika Anda menyerang kebiasaan lama Anda secara langsung, ini tugas yang cukup sulit. Pikiran yang menginginkan perubahan menghadapi pikiran yang terikat oleh pengkondisian yang lama. Hasilnya adalah konflik batin, dengan satu sisi mendorong dan sisi lain menolak. Banyak orang merasa terperangkap di dalam perang ini. Apakah tujuannya, untuk menghentikan makan berlebihan, mengelola kemarahan, menjadi lebih tegas, atau berhenti menjadi takut – keinginan untuk berubah tidaklah cukup, dan menjaga motivasi untuk segera berubah akan habis.

Rahasia untuk perubahan pribadi adalah menghentikan pertempuran melawan diri sendiri. Jika perang batin itu dapat dimenangkan, Anda pastilah telah memenangkan sejak dulu. Saya tidak menyarankan Anda untuk menyerah. Menyerah membawa Anda keluar dari zona perang, tapi itu tidak cukup untuk menciptakan perubahan positif. Otak kita masih terlatih untuk mengikuti jalur yang terkondisi dan ditetapkan oleh kebiasaan. Ini adalah tempat masuk rahasia untuk perubahan pribadi, Perubahan terjadi dengan memberikan jalur baru pada otak. Tanpa jalur baru, reaksi utama akan tetap di tempat. Kabel otak tidak sama dengan kabel rumah. Bahkan jika Anda memaksakan “kabel” makan berlebihan atau kehilangan kesabaran Anda untuk berubah cepat, reaksi ini bisa mengakibatkan “kabel” kelebihan beban.

Proses ini memiliki beberapa langkah yang perlu diulang setiap kali Anda menemukan reaksi diri Anda yang telah menjadi kebiasaan, atau reaksi yang tidak diinginkan .

1. Perhatikan apa yang Anda lakukan

2. Berhentilah sejenak, tutup mata Anda dan menunggu sampai gelombang reaksi Anda melambat dan berhenti.

3. Tanyakan diri sendiri apakah Anda benar-benar perlu untuk bereaksi dengan cara ini .

Apa yang Anda lakukan dengan langkah-langkah ini adalah membawa otak dalam kondisi yang lebih tinggi, yang merupakan satu-satunya bagian yang bisa memutuskan untuk mengubah dan kemudian melakukan perubahan. Bagian otak yang menghambat perubahan Anda adalah emosi dan impulsif – dengan kata lain otak yang lebih rendah. Semakin rendah Otak, ia memiliki akses lebih cepat daripada otak yang lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa Anda melompat ketika Anda mendengar klakson mobil dan hanya beberapa detik kemudian membuat keputusan, bahwa Anda tidak berada dalam bahaya. Impuls kelangsungan hidup seperti kelaparan, agresi, dan lawan atau lari, tanpa alasan yang kuat, insting ini hanya lebih cepat dan egois .

Dengan berhenti dan menunggu gelombang itu untuk lewat, Anda memberikan waktu otak yang lebih tinggi untuk melakukan hal-hal yang menjadi keahliannya yaitu : mempertimbangkan, merefleksikan, membuat pilihan, dll. Tapi inilah bagian yang sulit. Jika Anda telah menyerah pada impuls dan kebiasaan mengabaikan pilihan yang tersedia, bagi otak Anda yang lebih tinggi ini berkali-kali, alur kebiasaan menjadi jalur yang paling perlawanan. Singkatnya , semakin sering, otak yang lebih rendah lebih disukai, pengambilan keputusan Anda menjadi lebih lemah. Itu sebabnya Para penyuka makan berlebih merasa tak berdaya untuk mengubah kebiasaan makannya. Mereka tidak lebih lapar dari orang lain, mereka telah melemahkan kemampuan membuat pilihan yang lain.

Jadi intinya, apa pun jenis perubahan yang Anda harapkan, adalah mengambil kembali kekuatan Anda untuk memilih. Anda harus melakukan ini berulang-ulang. Hanya pengulangan dapat menyeimbangkan otak Anda, sehingga jalur yang lebih kuat yang akan dibangun dan jalur yang lama menjadi aus. Selain tiga langkah yang diberikan di atas, berikut ini juga sangat berguna.

• Tuliskan bagaimana Anda merasakannya.

• Buat catatan setiap kali Anda membuat pilihan yang lebih baik.

• Hargai pilihan-pilihan baik Anda dan rayakan fakta bahwa Anda telah membuatnya.

Disini langkah-langkah tambahan memperkuat kesadaran otak yang lebih tinggi. Hal itu menyambungkan kembali Anda ke otak emosional Anda dan mengajarkannya untuk melihat bahwa rasanya tidak baik untuk makan berlebihan, marah, atau bertindak agresif. Rasanya lebih baik untuk membuat pilihan yang lebih baik.Rayakanlah, banyak orang melupakannya, memperkuat sisi emosional yang positif untuk membuat pilihan yang lebih baik. Bila Anda menempatkan semua langkah ini bersama-sama, hal ini membuat kemungkinan perubahan, bukan dengan melawan diri sendiri, tetapi dengan menambahkan pemahaman bahwa Anda adalah penulis cerita kehidupan Anda sendiri dan dapat mengubah plot dalam setiap arah yang Anda inginkan.

Terjemahan bebas dari:

• Your Career

Posted by:

Deepak Chopra MD (official)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: