MEM – VONIS INSTAN SEORANG ANAK ?? #Goresanku 31


Sebut saja Ade, dia seorang anak laki-laki berumur 4 tahun. Sudah satu bulan Ade mulai masuk ke pendidikan non formal ( TK ). Pada awalnya kelihatannya Ade adalah “ anak yang tidak manis “, banyak yang menyebut Ade adalah “ABK”. Dia suka menyendiri dan setiap kehadirannya pasti deh kelas jadi gaduh. Dia berteriak, menangis histeris bahkan sampai gulung-gulung di lantai. Hal itu menurut teman-temannya sangatlah mengganggu, karena kelas jadi tidak nyaman.
Pada suatu hari, setelah si Ade kelelahan karena habis menangis dan gulung-gulung tiba-tiba saja dia tertawa dan bicara sendiri. Dia bicara dan tertawa seakan ada teman di dekatnya. Tentu saja hal itu membuat teman-temannya merasa si Ade itu aneh. Ada seorang temannya nyeletuk
“Memangnya kenapa sih, Ade kok sukanya ngomong dan tertawa sendiri?”.
Dengan berjalannya waktu, tentunya dengan bimbingan kami. Juga tidak lepas dari dukungan teman-temannya di sekolah, perkembangan Ade sangatlah pesat. Kami tahu, Ade punya imajinasi yang tinggi. Itu bisa dilihat dari cara dia memperlakukan teman mainnya (barang mainannya). Dia memberi nama mainannya dan mampu mengingat semuanya. Saya rasa tidak semua anak bisa melakukan hal itu.
Karena kemampuan berimajinasi yang tinggi itu dan dilihat dari usianya, Ade bisa digolongkan sebagai anak yang cerdas. Ade tidak tergolong “ABK” seperti apa yang dikatakan banyak orang. Sebagai bukti dia mampu konsen/merespon pada pertanyaan-pertanyaan dan mampu menjawab dengan benar. Sekarang pun dia bisa berkomunikasi, bermain dan belajar dengan teman-temannya.

Bisa diambil kesimpulan, kita tidak bisa secara instan mem-vonis anak tanpa melihat latar belakangnya.

Ditulis kembali oleh :
Catharina Tyas Kusumastuty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: