BERPIKIR TENTANG PERAN


Keterampilan “Mengambil Peran” dapat dikembangkan dengan menggabungkan praktek dan beberapa instruksi yang sistematis. Salah satu cara memulainya adalah dengan mengenali bahwa; kebanyakan orang dalam banyak peran yang mereka mainkan, membawa dalam peran itu sejumlah besar pertanyaan, yang mungkin termasuk pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan di bawah ini. Beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin berlaku, tetapi dengan relevansi yang relatif; bahkan mungkin tidak berlaku sama sekali untuk orang tertentu. Meninjau berbagai peran ini dapat berfungsi sebagai sebuah proses pemanasan. Daftar Peran ini juga dapat menjadi latihan untuk mereka berlatih ego pendukung (atau pemain pendukung) dalam sebuah role playing.

Di website lain (wawancara Imajinatif (Imaginative Interviews) saya menyediakan pendekatan awal dengan mengajukan enam pertanyaan:

Apakah keuntungan dari peran ini?

Apa kerugiannya?

Jelaskan dalam situasi dan kondisi seperti apa Peran ini saya mainkan, dan membuat saya senang dan secara langsung berkaitan dengan saat dilakuan peran tersebut? (misalnya saya berperan sebagai seorang pemain akrobat,
Saat saya mendapatkan hadiah ulang tahun dari seorang teman, hal ini dapat menyenangkan saya, tapi hal itu tidak berhubungan langsung dengan peran saya sebagai pemain akrobat seperti mendapatkan kenaikan gaji, orang-orang melemparkan uang, mendapatkan tepuk tangan, dll yang lebih relevan).

Situasi dan kondisi seperti apa yang dapat membuat saya sedih? Marah atau jengkel? Ketakutan atau khawatir?

Pertanyaan lain juga meliputi:

Apakah saya pikir, saya melakukan peran saya dengan baik?

Apa, komponen dalam Peran yang saya lakukan itu, saya anggap lebih baik dari yang lain
Apakah peran sub komponen yang saya lakukan, saya anggap lebih baik daripada yang lain? Kurang terampil atau perlu diberi sedikit upaya atau fokus?

Apakah Saya sadar semua peran itu – atau hanya beberapa peran tertentu – atau masiah ada beberapa komponen peran atau keterampilan yang masih perlu saya tingkatkan?

Apakah harapan untuk pencapaian dalam Peran– atau salah satu komponen peran ini–realistic? menuntut Standar yang terlalu tinggi? Terlalu rendah?

Apakah peran ini tampak mudah, sedang atau sulit bagi saya?

Apakah saya membutuhkan lebih banyak pelatihan? Jika demikian, bagaimana aku akan mendapatkannya?

Apakah Saya merasa butuh informasi lebih lanjut untuk membuat keputusan yang diminta dari saya?

Apakah orang-orang mendukung saya dalam peran ini?

Siapa yang menentang saya?

Adakah orang yang memahami tindakan baik saya?

Akankah mereka atau orang lain mengabaikan atau memaafkan kesalahan saya?

Akankah kompromi saya dilihat sebagai kelemahan dan bukan sebagai upaya strategi, kecerdasan berpolitik, dan cara mengatasi realitas dalam situasi yang kompleks?,

Adakah beberapa persetujuan yang saya perlukan untuk melanjutkan peran saya?

Adakah beberapa persetujuan yang saya cari, meskipun itu tidak benar-benar diperlukan?

Adakah orang yang berpikir saya harus melakukan komponen peran tertentu yang saya anggap prioritasnya rendah?

Adakah orang yang mengharapkan saya untuk melakukan semua itu, atau memenuhi elemen peran yang lebih daripada yang saya anggap realistis atau mungkin?

Apakah saya merasakan bahwa orang-orang kunci tertentu tidak mengungkapkan semua pikiran, umpan balik, dan informasi lainnya yang saya butuhkan?

Jika demikian, apa yang saya pikirkan sebagai alasan mereka untuk menahan hal itu?
Apakah mereka takut saya marah atau pembalasan? Apakah mereka tidak cukup terampil berbicara secara terbuka atau menyatakan diri? Sedikit pemalu?
Jika demikian, bagaimana saya dapat mendorong mereka atau mengurangi mereka menahan umpan balik itu?

Pada gilirannya, apakah saya mempertimbangkan untuk memberikan umpan balik yang jujur kepada orang tertentu supaya mereka tidak terlalu terluka,tersinggung oleh kritik, atau merendahkan harga diri dan cenderung balas dendam, hanya merendahkan, dll.?

Konflik apa yang melekat dalam peran ini?

Adakah peran lain yang saya atau orang kebanyakan mungkin inginkan? (Misalnya, daripada bekerja di pabrik ini, mungkin saya lebih suka untuk berlibur?)

Apakah peran ini suatu persiapan untuk peran lain yang lebih kompleks, maju, lebih diakui atau peran yang lebih menguntungkan? Apakah ada promosi menunggu?

Apakah saya tidak sabar untuk pindah ke fase selanjutnya peran ini atau peran lain?

Terjemahan bebas dari :
THINKING ABOUT ROLES
Adam Blatner
Revised February 6, 2006 Also, see papers on Role Theory   … Role Analysis

Leave a Reply

