Kriteria Moreno untuk Tes-tes Sosiometri


Dalam Sosiometri, Metode Eksperimental dalam Ilmu Sosial merupakan  Sebuah Pendekatan untuk Orientasi Baru mengenai Politik.

Moreno menjelaskan sejauh mana kedalaman sebuah kelompok harus diungkap untuk metode yang akan disebut “Sosiometris”. Sebuah istilah yang baginya memiliki makna kualitatif dan tidak akan berlaku kecuali dipenuhinya beberapa kriteria prosesnya di dalam kelompok. Salah satunya adalah telah diakuinya perbedaan antara Dinamika Proses dan Manifestasi dari Isi . Mengutip Moreno: “Ada perbedaan yang besar antara Pencitraan dan Perilaku Tersembunyi dari anggota kelompok”. Moreno mendukung bahwa sebelum “Program Sosial” dapat diusulkan, Psikolog yang akan melakukan Sosiometri harus “mempertimbangkan konstitusi kelompok yang sebenarnya.”

Kriteria lainnya adalah : Aturan motivasi yang memadai ( the Rule of adequate motivation ) : “Setiap peserta harus merasa bahwa percobaan ini atas kehendak sadarnya sendiri … bahwa ini adalah kesempatan baginya untuk menjadi agen aktif dalam memasuki permasalahan kehidupannya”, dan Aturan Inklusi Secara Bertahap Semua Kriteria Baru (the Rule of “gradual” inclusion of all extraneous criteria). Moreno berbicara di sini tentang “proses dialektika yang lembut dari percobaan Sosiometri”.

Diterjemahkan bebas dari; WIkipediahttp://en.wikipedia.org/wiki/Sociometry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: