SOSIOMETRI (Metode Utama Psikodrama)


Sosiometri adalah metode kuantitatif untuk mengukur hubungan sosial. Ini dikembangkan oleh psikoterapis Jacob L. Moreno dalam studinya tentang hubungan antara struktur sosial dan kesehatan jiwa (psychological well-being).
Istilah sosiometri berkaitan dengan etimologi Latin,yaitu:
socius berarti hubungan sosial (rekan/pasangan), dan
metrum yang berarti mengukur.
Jacob Moreno mendefinisikan sosiometri sebagai “proses penyelidikan evolusi, pengorganisasian dalam kelompok dan posisi individu di dalamnya”.
Dia melanjutkan dengan menulis:
” Sebagai … ilmu organisasi/kelompok, yang menembak masalahnya tidak dari luar struktur kelompok, maupun permukaan kelompok, melainkan dari struktur batin individu-individunya. Eksplorasi sosiometris mengungkapkan struktur tersembunyi yang membentuk kelompok: aliansi , subkelompok, keyakinan tersembunyi, agenda terlarang, perjanjian ideologis, para ‘bintang’ dari acara”.
Dia mengembangkan sosiometri dalam pengetahuan baru, meskipun tujuan utamanya adalah Transendensi dan bukan Pengetahuan. Dengan membuat pilihan berdasarkan kriteria, terbuka dan energik, Moreno berharap bahwa orang akan lebih spontan, jujur pada diri sendiri, serta struktur organisasi dan kelompok akan menjadi segar, jelas dan hidup.
Salah satu inovasi Moreno di sosiometri adalah pengembangan dari sosiogram ini, menjadi metode sistematis berupa grafis yang mereprentasikan individu sebagai titik/node dan hubungan antara mereka sebagai garis/busur. Moreno, yang menulis secara ekstensif dari pemikirannya, pengaplikasian dan merangkum temuan-temuan, serta mendirikan sebuah jurnal berjudul sosiometri. (Sociometry)
Sosiometri memiliki dua cabang utama:
Sosiometri Penelitian, dan Sosiometri Terapan.
Sosiometri Penelitian adalah Penelitian tindakan dengan mengeksplorasi hubungan jaringan sosial-emosional di dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan kriteria tertentu, misalnya: Siapa di grup ini yang Anda inginkan untuk duduk di samping Anda di tempat kerja? Siapa dalam kelompok Anda yang anda inginkan untuk memberi nasihat tentang masalah kerja? Siapa dalam kelompok Anda yang terlihat memberikan kepemimpinan yang memuaskan dalam menyelesaikan proyek tertunda? Dapat juga disebut Eksplorasi Jaringan. Sosiometri Penelitian berkaitan dengan pola relasional dalam Populasi kecil (individu atau kelompok kecil) dan populasi yang lebih besar, seperti organisasi dan lingkungan masyarakat.
Sosiometri Terapan memanfaatkan berbagai metode untuk membantu me-review orang-orang dan kelompok-kelompok, memperluas dan mengembangkan jaringan hubungan psiko-sosial yang ada pada mereka.
Kedua bidang Sosiometri ini saling melengkapi. Aplikasi keduanya bertujuan untuk menghasilkan, spontanitas dan kreativitas yang lebih besar, baik bagi individu maupun kelompok .

Diterjemahkan bebas dari:
WIkipediahttp://en.wikipedia.org/wiki/Sociometry

3 responses

  1. […] dengan Sosiometri, yang dikembangkan Moreno, sebagai salah satu tool yang powerful dalam […]

    Like

  2. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Apakah bisa / memungkinkan jika tujuan terapan dari metode diatas selain menghasilkan spontanitas dan kreativitas, bisa ditambah dengan kepekaan diri, manajemen diri, kepekan sosial ataupun manajemen hubungan ?

    Like

    1. betul sekali, dari spontanitas dan kreatifitas kesemuanya itu dibangun, prosesnya terjadi dalam suasana spontan otentik. tks komen nya…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: