BERDIAM DIRI #Goresanku 14


Ada saat dimana kita dapat mengemukakan pandangan hidup kita lewat tutur kata kita, dan ada saat dimana kita diam tanpa mengeluarkan satu kata pun dari mulut kita.

Dalam hidup ini, kita dituntut untuk membangun komunikasi dengan orang-orang disekitar kita, dalam proses pengembangan diri. Kita adalah pelaku – pelaku hidup yang dipenuhi oleh berbagai kelebihan dan keterampilan masing-masing.

Banyak dari kita yang telah berhasil dalam hidupnya, dikarenakan dia telah berhasil mengorganisir hidupnya dalam hal membangun kemitraan, dengan orang-orang disekitarnya. Sudah tentu apa yang kita lakukan dalam proses pengembangan hidup kita adalah segala sesuatu yang baik bagi diri kita & orang lain.

Ada yang pandai berbicara dalam mempresentasikan karyanya kepada orang lain, namun ada yang tanpa berbicara pun, dia dapat mempresentasikan karya hidupnya kepada orang lain. DIAM bukan berarti tak mampu dalam mengutarakan sesuatu kepada orang lain.

Jika kita tak dapat mengeluarkan satu katapun dari mulut kita,  DIAMLAH . Akan mudah bagi kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbicara, namun mengetahui kapan waktunya kita DIAM adalah hal yang jauh berbeda.

Dengan BERDIAM DIRI, kita akan lebih bijaksana dalam mendengar masukan atau pandangan dari orang lain. Dengan BERDIAM DIRI kita memberikan kesempatan kepada hati untuk berbicara, untuk selanjutnya dapat kita kemukakan pandangan kita tanpa melukai perasaan orang lain.

Dalam hidup ini, baik sengaja atau tidak sengaja kita sering berani mengutarakan sesuatu lewat tutur kata kita dan tanpa kita sadari apa yang telah kita kemukakan mungkin melukai perasaan orang lain.

Ini mungkin akan menjadi kekuatan kita dalam memaknai kata DIAM. Menjaga mulut kita untuk bertutur kata yang baik dan bijaksana sangatlah penting dalam membangun relasi dengan sesama kita.

Kebijakan seringkali tersimpan rapat dalam diam. Bukankan ada pepatah yang mengatakan bahwa DIAM adalah EMAS.

Ditulis kembali oleh :
Catharina Tyas Kusumastuty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: