Temukanlah Hal yang Baik pada Diri Orang Lain – Pelajaran Kepemimpinan dan Tiga Manfaat


Ibuku meninggal sekitar Hari Ibu tahun lalu. Paling tidak ini telah menjadi tahun yang sulit. Dia adalah ibu pemimpin dan merupakan pusat keluarga kami. Ibuku adalah seorang pejuang dan secara umum tergolong baik dan murah hati.

Saya telah menyimpan begitu banyak catatan baik tentang dirinya yang tulis orang-orang setelah kematiannya. Aku selalu tahu ibuku sangat istimewa, tapi banyak cerita dan pikiran baik mengatakan kepada saya hal-hal tentang dia yang saya tidak pernah tahu.

Sayangnya, saya berbagi saat di pemakaman dan setelahnya. Dan saya telah mengamati bahwa orang-orang yang menyampaikan hal itu adalah orang-orang yang benar-benar istimewa. Jadi saya bertanya, mengapa kita harus menunggu sampai orang meninggal untuk mengakui betapa istimewanya mereka? Jawaban kita adalah, tidak! Kita tidak akan menunggu.

Setiap orang memiliki kebaikan pada mereka, kita hanya harus melihat . Dan ketika kita menemukan kebaikan itu, kita harus mengungkapkannya

Ada pepatah bahwa Anda akan mendapatkan apa pun yang Anda cari. Jika Anda ingin melihat yang buruk pada orang, Anda akan menemukannya. Jika Anda ingin menemukan yang baik, Anda akan menemukan juga. Apa artinya ini bagi para pemimpin ? Berikut adalah manfaat menemukan kebaikan dalam diri orang lain :

1 . Orang-orang tertarik secara pribadi kepada orang lain yang mampu melihat diri mereka yang orang lain mungkin tidak mampu. Saya selalu mengatakan kepada anak-anak saya bahwa jika Anda ingin membuat banyak teman, temukan hal-hal yang baik tentang orang lain dan ungkapkan.

2 . Orang-orang tertarik kepada orang lain yang pada umumnya mengenai kebaikan. Apakah Anda lebih suka nongkrong di sekitar orang yang positif atau negatif? Jawaban Anda untuk pertanyaan ini, mungkin mengatakan banyak tentang apa yang biasanya Anda temukan dan cari di diri orang lain.
3 . Dalam diri setiap orang ada beberapa variasi tunas yang siap untuk mekar. Anda tidak dapat mengembangkan apa yang tidak Anda cari dan temukan pada diri orang lain. Hal ini demi keunggulan Anda sebagai pemimpin untuk menemukan tunas-tunas itu, tetapi akan meminta Anda untuk menemukan kebaikan itu lebih dulu.

Mengapa sulit untuk menemukan kebaikan?

Mari kita diskusi . Terima kasih !

Terjemahan bebas dari : Find the Good in Others – A Leadership Lesson and Three Benefits – by Michael Rogers

6 responses

  1. bererti kita harus menerima apapun sikap org lain, dont judge by the cover gt ya? coba but berpikir positif kepada apapun dan siapapun. tapi kalo org itu pernah menyakiti kita, apa kita tetap harus berbuat baik kepadanya?

    Like

    1. ..dan jika kita membalas menyakitinya, lalu apa beda kita dengan dia?
      jika kita berbuat baik hanya kepada orang yang baik kepada kita saja, lalu dimana istimewanya kita?
      memang tidak mudah,….namun hal ini yang menjadi salah satu indikator kedewasaan kita.

      Like

  2. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Mengapa sulit melakukan kebaikan ? ya …… karena kita terlalu sibuk membenarkan diri sendiri dan selalu mencari kesalahan orang lain. Dan kurang rajin untuk mensyukuri apa yg sudah kita terima.

    Like

    1. kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan melihat keburukan orang lain maka dirinya akan tampak baik…..😦

      Like

  3. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Selain yg sudah tertera di atas, saya hanya ingin sedikit menambah dan menggarisbawahi mengenai ” Apa artinya ini bagi para pemimpin ?”. PEMIMPIN yang bijak adalah yang mampu melatih kemampuannya dari dalam baru ke luar. Dan hal itu diawali dan dilakukan dari diri sang pemimpin itu sendiri. Dalam artian, seorang pemimpin adalah yang bisa memberi rasa aman, memberi contoh yang baik ( DALAM TINDAKAN NYATA ) atau ngayomi, bukannya hanya bisa melihat sisi buruk dari bawahannya saja.

    Like

    1. mantab, Bu,…terima kasih tambahannya….:D

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: