Leadership Killer


Inti Hidup

Bila dijadikan bahasa Indonesia berarti “Pembunuh Kepemimpinan”. Rasa-rasanya masih kurang keren dibandingkan dengan judul Inggris-nya “Leadership Killer”. Maka judul tulisan ini tetap kunamakan Leadership Killer.

Siapakah Leadership Killer ini? Ia disebut dengan hypocrisy. Sekali lagi sebuah kata dari bahasa Inggris. Akar katanya berasal dari bahasa Yunani yang artinya, ‘beraksi dalam sebuah penampilan teatrikal’ atau bisa juga berarti ‘memainkan sebuah peran atau berpura-pura.’

Dalam bahasa sehari-hari hypocrisy adalah bila apa yang diucapkan ternyata tidak sama dengan yang dilakukan. Dan inilah pembunuh nomor satu bagi pemimpin manapun.

Pelakunya mungkin saja masih hidup, tapi ia tidak lagi menjadi pemimpin. Ingat, “pemimpin” itu tidak sama dengan “pimpinan”. Walalupun kedua-duanya bisa saja menjadi satu dalam satu kepribadian seseorang.

Maka bila seseorang yang menjadi pimpinan tidak mampu membuktikan apa yang ia ucapkan, sebenarnya ia hanya menjadi pimpinan tapi tidak menjadi pemimpin.

Begitu juga sebaliknya. Meski seseorang tidak menjadi pimpinan, tapi ia bisa diangkat…

View original post 153 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: