Apa yang harus dilakukan saat wawancara ?


 KESAN PERTAMA ADALAH SEGALANYA

Ketika Anda wawancara dengan calon Pemberi Kerja, Anda mungkin memiliki 100 hal perputar-putar di kepala Anda, dan ini dapat menyebabkan Anda cemas. Namun, jika Anda bisa fokus pada item yang paling penting dari wawancara, maka Anda akan merasa lebih santai dan mampu mengendalikan diri  dan menentukan maksud yang ingin Anda sampaikan. Banyak orang merasa terbantu dengan mengetahui, apa yang tidak boleh dilakukan saat wawancara, demi untuk lebih memahami apa yang harus mereka lakukan.

8 KESALAHAN WAWANCARA UNTUK DIHINDARI

Dalam rangka mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk wawancara penting, pastikan Anda menghindari kesalahan berikut yang dapat mencegah Anda untuk memenangkan posisi itu.

 1. Berpakaian tidak tepat
Pahami budaya perusahaan. Jangan berpakaian dalam bisnis santai jika banyak karyawan memakai pakaian yang lebih konservatif – Anda ingin terlihat sepertinya Anda sudah layak dan pantas.

 2. Penampilan yang keras, cerdas, berlebihan, atau ekstrim
Jangan tergoda untuk memakai parfum, warna-warna cerah, atau cat kuku keras, menutupi tato-tato. Anda ingin pewawancara fokus pada keterampilan dan prestasi, bukan penampilan Anda.

 3. Terlambat datang untuk wawancara
Kesalahan ini cukup banyak berbicara untuk dirinya sendiri. Ini menimbulkan kesan yang tidak bagus bagi calon atasan. Jika Anda tidak dapat tepat waktu untuk wawancara, bagaimana kau bisa diandalkan sebagai karyawan? Datanglah setidaknya sepuluh menit sebelum wawancara dimulai.

4. Tidak mengajukan pertanyaan
Jangan hanya duduk diam tanpa bicara, jika tidak ditanya selama wawancara Anda. Tunjukkanlah minat terhadap perusahaan dengan menanyakan tantangan terbesarnya apa?, berapa hari kerjanya untuk posisi ini, atau apa langkah selanjutnya setelah mengikuti wawancara. Pertanyaan yang Anda ajukan adalah indikasi Anda tertarik terhadap posisi yang ditawarkan. Jika Anda tidak mengajukan pertanyaan, pewawancara akan menganggap Anda tidak akan menerima tawaran pekerjaan jika diperpanjang.

5. Bertanya tentang gaji dan tunjangan
Waktu yang tepat untuk membahas masalah kompensasi adalah ketika perusahaan sudahmembuka penawarannya. Jangan membuka topik prematur. Luangkan waktu untuk belajar tentang perusahaan dan posisi yang ditawarkan. Pada akhirnya, uang bukanlah segalanya. Kepuasan karir datang dalam berbagai bentuk (kesempatan untuk pertumbuhan, lingkungan tim kolaboratif, dll). Kebanyakan orang mencari posisi karena permasalahan selain masalah keuangan. Jadi selama wawancara, berkonsentrasi pada apa yang benar-benar penting – yaitu tanggung jawab pekerjaan yang akan diemban.

 6. Kurangnya resume atau salinannya
Jangan berasumsi bahwa pewawancara telah memiliki salinan dari resume Anda. Banyak pemberi kerja sekarang melakukan wawancara secara kelompok, sehingga Anda harus selalu membawa salinan tambahan dari resume Anda untuk dibagikan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki pandangan ke depan dan pertimbangan.

7. nampak tidak siap  untuk menjawab pertanyaan
Hindari menjadi ‘Blank” selama wawancara dengan mempersiapkan jawaban untuk beberapa pertanyaan wawancara yang paling umum. Anda akan nampak siap dan percaya diri untuk pemberi kerja.

8. Ketidakjujuran
Jangan pernah berbohong kepada Pemberi Kerja untuk mendapatkan posisi itu. Anda merusak kekuatan,dan kemampuan Anda sendiri,serta kepercayaan dari Pewawancara. Jika Anda tidak bisa mendapatkan posisi berdasarkan potensi, prestasi dan keterampilan saat ini, maka Anda mungkin tidak boleh melamar untuk posisi yang lainnya

MEMBUAT KESAN YANG MENARIK
Sekarang bahwa Anda menyadari kesalahan wawancara yang paling umum. Anda dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan bahwa wawancara Anda adalah yang terbaik.Tinjau daftar di atas sebelum setiap wawancara. Rumuskan rencana Anda untuk membuat kesan yang luar biasa.

Terjemahan bebas dari

 8 Job Interview Mistakes You Should Avoid by Nataly Wind

2 responses

  1. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Memberikan kesan positif dan profesional itu saya rasa jg sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan dalam menghadapi sebuah wawancara ………

    Like

    1. betul sekaleee bu,…:)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: