Tips Cepat untuk Mengingat Nama Orang*


Apakah Anda sering terlibat dalam pertemuan atau lokakarya?

Apakah Anda memiliki kesulitan mengingat nama-nama orang-orang baru?

Dalam pekerjaan Saya sebagai Seorang Trainer, Saya sering menghabiskan seluruh hari menjalani sesi dengan orang-orang yang belum pernah Saya temui sebelumnya. Saya mendapatkan nilai lebih dalam mengingat nama-nama orang. Saya sering ditanya bagaimana saya ingat nama banyak orang atau apakah Saya memiliki memori yang kuat.
Saya tidak memiliki memori yang kuat, tapi Saya mampu mengingat banyak nama.

Bagaimana melakukannya? Ada dua hal yang selalu Saya lakukan:

1. Sebagai Trainer, ketika sebuah kelompok orang baru masuk ke ruangan, Saya menggambar peta ruang di notepad saya. Saya kemudian meminta orang-orang untuk memperkenalkan diri. Saya menulis nama mereka di peta dan mencoba untuk memasukkan satu atau dua rincian tambahan: jabatan, tanggung jawab, dll.

Jika Saya seorang peserta dalam pertemuan, Saya juga mencari kesempatan untuk mencari tahu siapa mereka. Jika setiap orang memperkenalkan diri, Saya menulis nama mereka dalam posisi yang tepat di peta. Jika Saya tidak yakin siapa seseorang itu, Saya tinggal meminta orang di sebelah saya untuk memberikan informasi tambahan.

2. Setiap kali Saya berbicara langsung kepada seseorang di dalam ruangan, Saya berusaha untuk menggunakan nama mereka. Selalu!

Pada awal hari atau pertemuan, pertama-tama Saya harus menggunakan peta ruang. Saya cek cepat pada peta, perhatikan nama, kemudian alamat orang itu. Setelah membahas seseorang 3 atau 4 kali, saya menemukan bahwa nama mereka menempel di kepala saya. Pada poin ini, saya tidak lagi perlu melihat peta.

Sangat sederhana!

Pertama, Saya menulis nama-nama orang pada rencana tempat duduk. Kemudian, Saya menggunakan nama di setiap kesempatan. Semakin sering Saya gunakan, semakin cepat Saya akan mengingatnya.
Mengapa tidak mencoba hal ini sendiri pada pertemuan yang akan Anda hadiri?

Mari berbagi jika Anda memiliki tips lain untuk mengingat nama di bagian komentar di bawah ini.

*Terjemahan bebas dari tulisan Nathan Wale

2 responses

  1. Ya, Bu..Saya juga terus berlatih membiasakan hal itu,….maturnuwun

    Like

  2. ning.tyas@yahoo.co.id | Reply

    Supaya bisa disenangi orang, salah satunya adalah harus bisa selalu ingat nama orang yg baru dikenal. Yg terpenting ya fokus saja pada saat perkenalan dan sering menyebut nama berkali-kali. Kalau tidak, nama yg terekam di memori otak akan cepat hilang. Ya jadinya percuma aja kan ……….

    Like

Leave a Reply

