6 Hal yang tidak Tepat untuk dikatakan dalam Wawancara Kerja (dan Jawaban yang Tepat)


1. Mengapa Anda mencari pekerjaan baru?

Jawaban buruk: Bos saya adalah brengsek dan pelanggan sulit untuk ditangani.

Tip: Jaga jawabannya positif, dalam hal di mana tujuan Anda, bukan apa yang Anda ingin hindari.

Jawaban yang lebih baik: Saya telah dipromosikan sejauh yang saya bisa capai di perusahaan saya saat ini. Saya mencari tantangan baru, yang akan memberikan saya kesempatan menggunakan keterampilan saya, untuk membantu pertumbuhan bisnis .

2. Mengapa Anda ingin bekerja untuk kami?

Jawaban buruk: Saya putus asa dan tidak ada orang lain yang akan mempekerjakan saya.

Tip: Sebelum wawancara, kunjungi website untuk belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan. Ketika menjawab pertanyaan ini, fokus pada satu atau dua item penyanjung untuk menjelaskan mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan itu.

Lebih baik Jawaban: Ketika saya membaca pernyataan misi di situs web Anda tentang memberikan kembali kepada masyarakat, saya merasa sangat terinspirasi. Saya juga terkesan dengan fakta-fakta tentang pertumbuhan perusahaan Anda dalam tiga tahun terakhir di tiga lokasi baru, dan peningkatan penjualan 40%. Itu benar-benar sesuatu yang bisa dibanggakan. Saya pikir akan bermanfaat untuk menjadi bagian dari perusahaan yang menjadi pemimpin dalam industrinya dan di masyarakat.

3. Mengapa Anda memiliki begitu banyak pekerjaan?

Jawaban buruk: Saya  mudah bosan.

Tip: Berikan alasan yang dapat diterima (sering bergerak, perubahan tujuan pribadi, dll), tetapi fokus pada fakta bahwa Anda siap untuk posisi permanen sekarang,  yang benar-benar mereka fokuskan.

Jawaban lebih baik: Ketika saya masih muda, saya memutuskan untuk mencicipi berbagai macam karir. Dengan begitu, ketika saya sudah siap untuk memilih jalur karier, saya akan benar-benar yakin bahwa saya telah menemukan yang tepat untuk masa depan jangka panjang. Sekarang saya sudah menetap di industri ini, dan itulah sebabnya saya di sini hari ini.

4. Apa kekuatan Anda?
Jawaban buruk: bila diminta saya bisa bersendawa  dan menjaga wajah polos saat berbohong.

Tip: Diskusikan tiga atau empat kekuatan Anda karena hal itu berhubungan dengan posisi untuk apa Anda diwawancarai, dan berikan contoh hal tersebut telah berperan dalam melakukan pekerjaan Anda.

Jawaban yang lebih baik: Saya memiliki mata yang benar-benar baik untuk detail, dan di masa lalu, saya telah menangkap kesalahan kritis sebelum hal tersebut terjadi. Ketika saya bekerja untuk Perusahaan ABC, saya membantu perusahaan menghindari beberapa bencana  dengan cara ini, sehingga mereka mulai memberi perintah rutin  melalui ruang kerja saya untuk memeriksa meskipun saya tidak bekerja di departemen tersebut. Tentu, saya akan senang untuk menerapkan keterampilan ini dengan cara apapun yang Anda rasa cocok di perusahaan ini. Kekuatan lain saya dapat menunjukkan seorang karyawan adalah …
5. Mengapa saya harus mempekerjakan Anda?

Jawaban buruk: Saya butuh uang untuk melunasi hutang judi saya.

Tip: Ini adalah kesempatan Anda untuk mengulangi keterampilan Anda dan menghubungkannya dengan posisi yang Anda lamar.

Jawaban yang lebih baik: Ketika saya membaca iklan, saya tidak bisa membayangkan keadaan yang lebih baik untuk keterampilan saya dan pengalaman dari pekerjaan ini. Sekarang saya telah berbicara dengan Anda, dan belajar lebih banyak tentang kebutuhan Anda, saya semakin yakin bahwa saya kandidat yang tepat. Saya tahu bahwa saya yakin bisa menjalankannya dan melebihi harapan Anda karena pengalaman saya dengan …

6. Apa tujuan Anda jangka pendek dan  jangka panjang?

Jawaban buruk: Mengingat bagaimana kondisi saya yang terjepit, tujuan jangka pendek saya adalah untuk lolos dari wawancara ini. Jangka panjang, saya berharap untuk keluar dari pekerjaan saya dalam beberapa tahun dan menjadi wirausaha sukses.

Tip: Kadang-kadang pengusaha menanyakan hal ini karena mereka ingin tahu apa yang Anda cari di perusahaan mereka, untuk pekerjaan jangka panjang, atau hanya pekerjaan jangka pendek sampai sesuatu “yang baik” datang. Pemberi Kerja lainnya ingin menilai kemampuan Anda untuk merencanakan masa depan. Sebagian besar pengusaha tidak ingin mendengar bahwa dalam lima tahun Anda berharap untuk pensiun atau berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri. Tujuan jangka pendek Anda  harus mengenai usaha mendapatkan pekerjakan pada posisi yang tepat, jangka panjang adalah di mana Anda ingin berkarir dalam profesi Anda.

Jawaban yang lebih baik: jangka pendek, saya ingin mencari posisi di mana saya bisa membangun pelanggan yang solid dari klien setia. Saya menikmati membangun hubungan dengan klien yang datang kembali tahun demi tahun untuk layanan dan saran. Jangka panjang, Saya dapat melihat diri saya mengambil beberapa pelatihan tambahan selama beberapa tahun ke depan, dan menerapkan untuk posisi yang lebih senior di sini setelah saya memiliki kombinasi yang tepat dari pengalaman dan pendidikan saya.

Sekarang Anda tahu apa jawaban yang akan berdampak terbaik bagi Anda dalam sebuah wawancara, jangan heran jika pertanyaan berikutnya dari pewawancara Anda adalah “Kapan Anda dapat mulai bekerja?”

*diterjemahkan bebas dari tulisan

6 Things Not To Say During A Job Interview (And The Right Answers)

Posted by: Kevin Cormac | Posted at: 12:05 AM | Filed Under: job interview questions, job interviews, jobs |

Leave a Reply

