Berani Bertanggung-jawab


Adalah SMK Kimia Industri Theresiana Semarang berdiri sejak 1972. Jurusan Kimia Industri merupakan jurusan yang langka, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat umum. Namun di kalangan dunia usaha dan industri, sekolah ini cukup dikenal dibuktikan dengan lulusannya yang selalu terserap habis di berbagai industri terkemuka seperti: PT. Jarum Kudus, PT. Apacinti Corpora, PT. Indofood, PT. Heinz ABC, PT. Garudafood, PT. Purabarutama, PT. Propan dan masih banyak lagi.
Menjadi wajar lulusannya selalu terserap di dunia kerja, bahkan ada yang belum lulusan sudah ada permintaan, karena sekolah juga peduli terhadap pendidikan karakter bagi siswa-siswanya. Bukan karena mengikuti trend dan instruksi pemerintah saja, melainkan karena sudah menjadi tradisi tahunan.
Sekolah yang dinaungi Yayasan Santo Paulus ini, mengasah karakter anak-anaknya untuk mengikuti semangat Santo Paulus, yang dikristalkan menjadi Nilai Dasar (Value) Kreatif, Kerja Keras, Kasih, dan Kompeten
Aku merasa beruntung diberi kesempatan terlibat bersama mereka untuk belajar berlatih dan lebih mengenal diri dalam kegiatan yang telah menjadi program rutin Sekolah. Retret diadakan tiap tahun disetiap tingkatan kelas. Anak anak diajak untuk keluar dari rutinitas sehari-hari, berefleksi mengenal diri, belajar lebih Berani Bertanggung-jawab,dengan menumbuhkan dalam dirinya nilai-nilai Kreatif, Kerja Keras, Kasih, dan Kompeten
Untuk kesekian kali aku “bermain” bersama sebagian dari mereka, yaitu yang kelas XI, pada tanggal 30 Oktober – 3 November 2012 di Griya Paseban Semarang.
Anak-anak yang sedang tumbuh mencari jati dirinya, didalam tuntutan hidup yang kompleks. Dengan banyaknya tawaran kesempatan dan juga resiko ancaman yang menggiurkan, bukan sesuatu yang mudah untuk ditanggung sendiri. Maka mereka belajar saling mengenal satu sama lain dalam suasana kebersamaan serta ceria,dengan tujuan mengenal diri sendiri, serta memahami tuntutan peran dalam tugas perkembangan hidupnya. Pemahaman yang membangkitkan keberanian untuk lebih bertanggung jawab pada dirinya sendiri, yang selanjutnya menjadi dasar untuk juga berani bertanggung-jawab terhadap lingkungan yang lebih luas, keluarga, masyarakat, bangsa dan negaranya. Amin

Berkah Dalem

4 responses

  1. Maturnuwun,…Berkah Dalem

    Like

  2. chatarina tyas kusumastuty | Reply

    Setuju sekali Pak Budi …………… saya juga sependapat dengan panjenengan. Karena saya juga berkesempatan bertemu dengan P Didik. Semoga akan lebih banyak lagi orang2 yg bisa bertemu dengan beliau. Supaya dapat melihat dan memaknai kehidupan ini.

    Like

  3. chatarina tyas kusumastuty | Reply

    Nuwun ……….

    Simple saja, sebagai pembelajaran “berani bertanggungjawab” tidak usah dibuat susah. Beri saja anak-anak itu tanggungjawab, kepercayaan untuk melakukan sesuatu. Ajari mereka dengan tindakan yang konkrit dan benar, juga memberi kasih sayang yang cukup itu adalah hal yang terpenting. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai. Dari situ pula akan muncul reaksi dan timbal balik. Dikarenakan adanya kepedulian tersebut, maka akan menumbuhkan rasa empati. Secara otomatis pula rasa peduli dan tanggungjawab pada diri sendiri maupun pada orang lain akan tertanam pada mereka.

    Cekap semanten kemawon komment kawula njih mas. Suwun ……….

    Like

  4. Sangat menginspirasi dan memotivasi……sebagai pribadi saya juga sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari kegiatan tersebut, bayak hal, banyak pelajaran hidup yang dapat saya petik baik dari mas didik dan kawan-kawan maupun dari anak-anak. Bagi saya kesempatan untuk boleh bertemu dengan para pemateri (Mas Didik DKK) adalah sebuah anugerah yang luar biasa, karenanya telah membuka mata saya lebih lebar untuk dapat melihat dan memaknai kehidupan menjadi lebih berarti…..
    Terimakasih Mas, panjenengan adalah orang pilihan, terpilih untuk menjadi pembawa perubahan ke kehidupan yang lebih baik (syirotol mustakim) Berkah Dalem

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: